Pontianak  (Antara Kalbar) -  Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Pontianak bersama SKPD lainnya, mulai Senin, menempati gedung kantor bersama di Jalan Sutoyo, yang diresmikan oleh Wali Kota setempat, Sutarmidji.

"Mulai dari ini Dispenda Kota Pontianak menempati gedung empat lantai dan dilengkapi lift ini, dan akan disusul oleh SKPD lainnya di lingkungan Pemkot Pontianak," kata Sutarmidji di Pontianak.

Ia menjelaskan, sekarang baru Dispenda yang menempati gedung ini. Nanti akan ada tiga sampai empat SKPD lagi yang akan menempati gedung ini seperti Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, dan lainnya.

Ditempatkannya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) bersama dengan Dispenda, lantaran Disbudpar sebagai SKPD yang berkaitan dengan perizinan dan pengawasan hotel dan restoran sehingga selaras dengan Dispenda yang mengelola perpajakan sektor tersebut, kata Sutarmidji.

Gedung kantor bersama ini dibangun secara multiyears dengan menggunakan APBD 2014-2015 senilai sekitar Rp25 miliar. Pembangunan gedung yang menempati eks Kantor Camat Pontianak Selatan ini memiliki kemampuan pondasi yang memadai untuk penambahan beberapa lantai ke depannya. "Dengan kemampuan pondasi struktur bangunan yang ada saat ini, gedung ini bisa saja ditambah tiga lantai lagi," ungkapnya.

Sedangkan bangunan gedung eks Kantor Dispenda yang terletak di Jalan Gusti Sulung Lelanang, lanjut Sutarmidji, akan dibangun dan ditempati Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dan Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker.

Sementara gedung eks Dinsosnaker, akan dibangun Kantor Camat Pontianak Selatan. "Pelayanan sekarang lebih banyak ke kecamatan dan kelurahan terlebih dengan diterapkannya e-pemerintahan itu perlu suasana yang nyaman," katanya.

Selain itu, Pemkot Pontianak juga sedang membangun Gedung Kantor Camat Pontianak Kota dan Kantor Lurah Sungai Bangkong di Jalan Alianyang. Pembangunan gedung itu diperkirakan selesai pertengahan tahun ini.

Sementara eks Kantor Camat Pontianak Kota di Jalan Pangeran Natakusuma nantinya akan dibangun perluasan Gedung Puskesmas Alianyang. "Saya ingin ada ruang rawat inap yang nyaman, murah, lengkap dengan peralatan dan dokter-dokter spesialisnya," kata Wali Kota Pontianak.

***4***

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016