Sungai Raya (Antara Kalbar) - Kecamatan Sungai Raya dan Rasau Jaya menjadi wakil Kabupaten Kubu Raya dalam penilaian Lomba Gerak PKK KB Kesehatan tahun 2016 tingkat Provinsi Kalimantan Barat.

"Penilaian langsung dilakukan oleh tim penilai dari Provinsi Kalimantan barat," kata Wakil Ketua Tim Penggerak PKK kubu Raya Alberta Jeniard Mana`o, yang didampingi oleh Wakil Bupati Kubu Raya Hermanus dan Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya dan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Anak dan KB Kubu Raya Titus Nursiwan, Kamis.

Alberta menjelaskan, dalam lomba Kesatuan Gerak PKK KB-Kes tingkat provinsi tahun 2016 ini, diikuti seluruh kabupaten kota se Kalimantan Barat dengan perwakilan Desa/Kelurahan terbaik dalam menggerakkan program PKK dan Penerapan serta sosialiasi KB Kes.

Kemudian, untuk kategori penilaiannya yaitu ada empat, diantaranya dari hasil pencapaian program KB Kes, posyandu, perilaku hidup bersih dan sehat dan lingkungan bersih dan sehat.

"Kegiatan KB Kes ini sangat penting sekali, selain menyehatkan, juga mensejahterakan masyarakat karena dengan berhasilnya KB Kes, tentu akan menjadikan masyarakat dengan keluarga yang berkualitas, sehat dan pencapaian KB nya yang baik. Maka untuk itu, dari seluruh kategori penilaian, akan dicarikan pemenangnya untuk mewakili Kalimantan Barat di tingkat Nasional," tuturnya.

Selain itu Alberta juga menyebutkan, kesatuan gerak PKK KB-Kes itu terus membentuk kerja sama dengan mitra strategis khususnya bagi BKKBN. Dengan kerja sama tersebut, diakui telah mampu menjangkau seluruh sasaran dengan hasil yang cukup memuaskan.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Kubu Raya Hermanus menyampaikan, terkait penilaian PKK KB Kes tingkat Kalimantan Barat kali ini, sangat berharap dan optimis TP PKK KB Kes Kubu Raya yang diwakili oleh Kecamatan Rasu jaya dan Kecamatan Sungai Raya sebagai daerah binaan yang ditunjuk untuk dinilai tahun ini akan meraih hasil terbaik.

" Sehingga, akan mewakili Kalimantan Barat ke tingkat nasional. Harapan ini, sejalan dengan adanya keterpaduan dari seluruh kegiatan yang berhubungan dengan PKK KB Kes mampu berjalan dengan maksimal dan tepat," katanya.

Hermanus mengharapkan agar kegiatan tersebut dapat mempercepat proses pembangunan dan meningkatkan pemahaman masyarakat dalam upaya meningkatkan lingkungan yang bersih dan sehat serta semakin tinggi partisipasi dan kreatifitas dalam mencipatakan peluang serta gairah dalam mengisi pembangunan di lingkungan masing-masing dengan tetap bersinergi dengan program-program pemerintah.

"Kita juga mengharapkan agar program-program PKK KB Kesehatan mampu meningkatkan partisipasi masyarakat terutama dalam membangun kesadaran untuk ber KB sehingga dapat menagtur jangka waktu kelahiran anak-anak mereka," tuturnya. 

(KR-RDO/T011)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016