Pontianak  (Antara Kalbar) - Wali Kota Pontianak Sutarmidji, Rabu, membuka Pekan promosi dan Kuliner warga Tionghoa dalam rangka memeriahkan Perayaan Cap Go Meh (CGM) di Jalan Diponegoro Pontianak.

"Pekan kuliner warga Tionghoa ini, sebagai salah satu bentuk untuk mengenalkan berbagai aneka kuliner warga Tionghoa dan Kota Pontianak umumnya," kata Sutarmidji dalam sambutannya pada pembukaan pekan promosi dan kuliner Perayaan Cap Go Meh Pontianak.

Ia berharap upaya mengenalkan dan mempromosikan Kota Pontianak itu terus dilakukan dalam mendongkrak kunjungan wisatawan, baik lokal, nasional, dan mancanegara untuk berkunjung ke Pontianak.

"Dengan multi etnisnya warga Kota Pontianak, sehingga menjadi daya tarik dan nilai jual dalam mendongkrak kunjungan wisatawan lokal, nasional dan mancanegara, untuk berkunjung ke Pontianak," ujarnya.

Apalagi, dengan banyaknya kegiatan kebudayaan seperti Perayaan CGM di Kota Pontianak setiap tahunnya, maka berdampak pada pertumbuhan Kota Pontianak sebagai kota jasa.

Ketua Panitia Pekan Promosi Kuliner Perayaan CGM Pontianak, Hery Hendy Chandra menyatakan, pekan promosi dan kuliner, mereka lakukan dalam rangka memeriahkan Perayaan CGM di Pontianak tahun 2016.

"Konsep tahun ini sedikit berbeda, yakni pekan promosi dan kuliner, tetapi belum mampu mengakomodir kuliner warga Tionghoa dan masyarakat Pontianak umumnya, sehingga menjadi tantangan pada Perayaan CGM tahun depannya," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pontianak, Hilfira Hamid menyatakan, pekan promosi dan kuliner warga Tionghoa yang dipusatkan di Jalan Diponegoro Pontianak digelar selama lima hari, yakni mulai Rabu (17/2) hingga Minggu (21/2).

Panitia Perayaan CGM Pontianak menyediakan sebanyak 57 gerai pada pekan promosi dan kuliner di sepanjang Jalan Diponegoro.

Kemudian, menurut dia, pada Kamis (18/2) akan diselenggarakan festival barongsai yang juga akan diikuti oleh tim dari Malaysia, Brunei Darussalam, dan Thailand. Sementara pada Jumat (19/2) di tempat yang sama akan dibuka acara Barkorband anak-anak Tionghoa, Sabtu (20/2) dan Minggu (21/2) mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB akan diselenggarakan festival pemilihan koko dan meme Tionghoa Pontianak.

"Puncaknya, Senin (22/2) mulai pukul 14.00 WIB hingga 17.30 WIB acara arak-arakan "naga langit" dan malamnya dilanjutkan dengan atraksi naga bersinar," ujar Hilfira Hamid.

Dalam kesempatan itu, Hilfira menambahkan atraksi replika "naga langit" dengan panjang 100 meter dan berkepala besar, yakni sebesar sebuah mobil minibus juga ikut memeriahkan Perayaan CGM di Pontianak

"Naga langit tersebut dibuat atau dipersembahkan secara khusus oleh Yayasan Bhakti Suci Pontianak pada Perayaan CGM di Pontianak. Rencananya naga langit tersebut juga akan dicatatkan MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia), karena replika naganya memiliki kepala yang sangat besar, yakni seperti naga dari langit," ungkap Hilfira.

Selain itu, Perayaan CGM di Kota Pontianak, juga akan dimeriahkan oleh atraksi sebanyak 14 naga dari berbagai Yayasan Pemadam Kebakaran, barongsai serta atraksi pawai budaya dari Etnis Tionghoa.

***1***



Nurul H

(U.A057/B/N005/N005) 17-02-2016 17:16:21

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016