Pontianak  (Antara Kalbar) - Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat, Rusman Ali meminta pemerintah desa di kabupaten itu untuk mendukung program pembangunan jalan poros yang terus digencarkannya dengan melakukan pembangunan jalan lingkungan.

"Sampai tahun ini kita terus melanjutkan program pembangunan jalan poros, namun kita harap program ini bisa didukung penuh oleh pemerintah desa. Salah satunya dengan melakukan pembangunan jalan lingkungan," kata Rusman Ali di Sungai Raya, Selasa.

Terkait hal itu, dia meminta kepada DPRD untuk memperketat pengawasan serta membagi porsi terhadap desa, untuk memprioritaskan pembangunan yang benar-benar dibutuhkan masyarakat.

"Koordinasi dengan dewan terus dilakukan, agar desa tidak lagi kekecewaan di desa," tuturnya.

Rusman Ali mengatakan, desa diharapkan tidak resah dan khawatir terkait program pembangunan yang dikucurkan oleh pemkab Kubu Raya, karena akan kebagian semuanya.

"Misal desa mengajukan lima program pembangunan, pasti salah satu akan disetujui. Tak mungkin disetujui semua, karena melihat anggaran untuk pembangun sangat terbatas. Begitu juga desa, punya anggaran sendiri, maka kami harus memilih mana yang menjadi prioritas," katanya.

Dia juga meminta agar DPRD serta pemerintah desa, agar terus mengawasi pembangunan di pedesaan, supaya pembangunan tepat sasaran.

"Jangan ada celah atau salah sasaran dalam pembangunan di pedesaan, karena tidak hanya pemerintah yang melakukan pengawasan tetapi juga masyarakat diikutsertakan," tuturnya.

Tidak hanya pembangunan infrastruktur pedesaan yang diutamakan, tetapi juga beberapa desa membutuhkan pembangunan lain, yakni perikanan, pertanian serta yang lain.

"Tetapi yang paling banyak, mengajukan pembangunan infrastruktur, itu yang diharapkan masyarakat. Kami akan tetap memberikan program pembangunan yang merata untuk semua desa," kata Rusman Ali.

Rusman Ali menambahkan, pihaknya terus melanjutkan pembangunan jalan poros, agar masyarakat banyak merasakannya.

"Kami tinggal melanjutkan pembangunan jalan poros yang sudah dibangun dan kalau jalan sudah bagus, tentunya perekonomian semakin maju. Semoga selama saya menjabat, pembangunan jalan poros selesai hingga di pemukiman bagian pedalaman maupun pesisir," katanya.

Untuk itu, dirinya meminta kepada masyarakat yang berada di Kubu Raya, agar mendukung pemerintah untuk menyelesaikan pembangunan jalan poros.

"Jika pembangunan selesai, kami juga meminta dengan pemerintah, khususnya desa, agar memberikan aturan dalam penggunaan jalan. Jangan lupa diberi portal, agar kendaraan yang bermuatan berlebihan tidak bisa melintas," tuturnya.

(U.KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016