Sungai Raya  (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menjadi percontohan sistem "online" dalam pengelolaan dana hibah dan bantuan sosial (bansos) di Kalimantan Barat.
   
"Program sistem `online` ini disebut juga e-hibah dan e-bansos, kerja sama dengan BPKP Kalimantan Barat. Untuk Kubu Raya akan dikelola oleh Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra)," kata Bupati Kubu Raya Rusman Ali di Sungai Raya.
   
Dia menjelaskan, sistem "online" hibah dan bansos itu akan memperlihatkan identitas yang mengajukan sehingga timbul data dari sisi legalitas dan kegiatan yang dilakukan. Situs hibah bansos juga memuat akte pendirian dari lembaga yang harus di atas tiga tahun.
   
"Dengan sistem `online` maka pengelolaan dana hibah dan bansos semakin transparan, akuntabel dan berkeadilan. Dalam rangka meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, kami telah memerintahkan SKPD untuk melakukan transparansi pengelolaan dana hibah dan bantuan sosial," tuturnya.
   
Rusman Ali sangat berterimakasih kepada BPKP Kalbar yang telah menunjuk Kubu Raya sebagai "pilot project" untuk program tersebut.
   
"Dengan e-bansos, sekaligus menunjukan komitmen untuk melakukan transparansi pengelolaan dana hibah dan bansos. Kita harapkan agar pengelolaan hibah dan bansos dapat seluas-luasnya memberikan manfaat bagi masyarakat Kubu Raya," katanya.
   
Menurut Rusman Ali, pemberian hibah dan bansos perlu dilakukan karena tidak semua aspek pembangunan bisa dilakukan oleh pemerintah.
   
"Pemberian hibah dan bansos merupakan bentuk peran serta masyarakat dalam membantu pencapaian sasaran pembangunan," tuturnya.
   
Pemerintah Kubu Raya terus berupaya melakukan perbaikan dalam hal pengelolaan hibah dan bansos. Salah satunya meningkatkan akuntabilitas dan meningkatkan transparansi.
   
"Dengan transparansi maka para pihak terkait dapat saling melakukan check and recheck sehingga kemungkinan terjadinya penyimpangan dapat dengan mudah dideteksi," ujarnya.
   
Menurut Rusman Ali, melalui penerapan sistem online pula, diharapkan akan tercipta filter terbaik dalam pemberian hibah dan bantuan sosial.
   
"Yakni, kontrol langsung dari masyarakat. Penerapan sistem online juga menjadi pembuktian pada masyarakat bahwa Pemerintah Kubu Raya serius melakukan perbaikan," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016