Pontianak (Antara Kalbar) - Bupati Kubu Raya, Rusman Ali mengharapkan para "Kartini" yang ada di kabupaten itu dapat menjalankan peran sebagai perempuan memberikan pendidikan dan pendampingan kepada anak-anak secara intensif.

"Pemberian pendidikan dan pendampingan di rumah dapat dilakukan dengan intensif dan dengan cara lebih bersahabat membangun relasi yang dekat dengan anak-anak sehingga dapat menciptakan rasa aman dan nyaman bagi anak-anak. Jadi walaupun para Kartini (perempuan) ada yang bekerja, namun jangan sampai lupa terhadap tugasnya," kata Rusman Ali di Sungai Raya, Kamis.

Menurutnya jika anak-anak di rumah merasa nyaman maka akan mampu membentengi pengaruh negatif generasi saat ini.

"Saya harapkan agar para perempuan di daerah ini dapat meneladani dengan baik perjuangan Raden Ajeng Kartini dalam lingkup yang lebih kecil di dalam rumah tangga mereka. Mendidik anak-anak dengan baik, mendampingi anak-anak dengan penuh kasih sayang sehingga menghasilkan generasi yang bermartabat, berkepribadian baik dan berkualitas," tuturnya.

Menurut Bupati Rusman Ali, biasanya anak-anak lebih dekat dengan ibunya. Sehingga dirinya mengharapkan dengan pendampingan yang baik oleh para perempuan dapat membentengi anak-anak dan generasi muda dari pergaulan negatif saat ini.

Di tempat yang sama, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kubu Raya Alberta Jeniart menjelaskan, Hari Kartini dilaksanakan sebagai penghormatan atas wujud perjuangan kaum perempuan, simbol persamaan gender, dan emansipasi wanita.

"Kartini adalah sebagai pahlawan untuk perjuangan tersebut, bukan dengan tindakan kekerasan, tapi tetap radikal, demi memperjuangkan kebenaran yang dipercayainya," tuturnya.

Beberapa dekade setelah Kartini meninggal, pergerakan wanita semakin terasa dan membawa dampak luar biasa. Saat ini, melihat kaum perempuan berada di posisi kepemimpinan bukanlah hal yang begitu tabu lagi, meskipun adat ketimuran yang bangsa ini punya juga tidak sepenuhnya punah, terutama budaya patriarki.

"Untuk itu, saya mengajak semua kaum perempuan Kubu Raya untuk terus berkarya dan terus mampu menjaga martabatnya sebagai perempuan. Dengan demikian perempuan Kubu Raya tetap mampu menjaga nama keluarga, daerah, bangsa dan negara," katanya.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016