Pontianak (Antara Kalbar) - Rektor Universitas Tanjungpura (Untan) Prof Dr Thamrin Usman DEA mengajak para lulusan perguruan tinggi negeri terbesar di Provinsi Kalimantan Barat itu untuk membangun desa.

    "Saya menyarankan dan mendorong para wisudawan dan wisudawati balik kampung saja untuk membangun desa," kata Thamrin saat wisuda periode III tahun 2015/2016 di Auditorium Untan, Pontianak, Kamis.

    Menurut Thamrin, dorongan tersebut dalam rangka melihat peluang dan kebijakan pemerintah pusat yang saat ini fokus membangun dari desa.

    "Sekarang desa sudah banyak dana melalui ADD. Permasalahannya di desa SDM yang mampuni masih minim untuk memanfaatkan secara maksimal. Jadi saya menilai lulusan ini cocok untuk mengisi itu," katanya.

    Pada wisuda kali ini, diikuti sebanyak 1.266 wisudawan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan masih mendominasi dengan total 387 wisudawan.

    "Kalau dilihat dari kelompok keilmuan, Sosial Humaniora 70 persen dan untuk sains 30 persen," ujar dia.

    Lulusan yang baru resmi menjadi serjana dan magister rata-rata memiliki IPK untuk sosial humaniora 3,35 dengan IPK tertinggi diraih wisudawan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebesar 4. Sedangkan untuk sains, rata-rata IPK 3,14 dan IPK tertinggi diraih wisudawan dari Fakultas Pertanian sebesar 3,98.



Pewarta: Teguh Imam Wibowo dan Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016