Sanggau (Antara Kalbar) - Dandim 1204 Sanggau Letkol Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa menegaskan, salah satu tugas TNI adalah mendukung pemerintah dalam program kedaulatan pangan.
    "Tugas TNI salah satunya mendukung pemerintah, diantaranya saat ini mewujudkan program kedaulatan pangan," ujarnya.
    Menurut Dandim, salah satu tugas yang dilaksanakan sekarang ini, melalui kegiatan pencetakan sawah. "Pada cetak sawah ini, TNI juga ada andil," timpalnya.
    Dikatakan Dandim, harapan kegiatan cetak sawah itu, dalam upaya membuka cara berpikir masyarakat agar tidak lagi membuka lahan secara membakar, yang dapat mengakibatkan kabut asap.
    "Kalau bertani dengan sawah, jelas tidak membuka lahan dengan membakar. Nah, ini yang mesti menjadi tanggungjawab kita memberikan pemahaman kepada masyarakat," ungkapnya.
    Selain itu, tambah Dandim, kegiatan pendampingan pertanian untuk menuju peningkatan swasembada pangan juga dilakukan.     Kegiatan yang sudah menjadi Program TNI dalam mendukung peningkatan swasembada pangan nasional menuju kepada masyarakat Indonesia yang mandiri di bidang pangan khususnya intensifikasi lahan dan produktivitas hasil pertanian adalah salah satu langkah kongkrit TNI-AD mendukung ketahanan pangan.

Pewarta: M Khusyairi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016