Sungai Raya (Antara Kalbar) - Prakirawan BMKG Supadio Pontianak, Sutikno mengatakan hingga satu pekan kedepan potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih akan terjadi merata di seluruh wilayah Kalbar.

"Secara umum Kalimantan Barat untuk beberapa hari kedepan masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, khususnya untuk Kalbar bagian Selatan dan Timur seperti Ketapang, Melawi, Sintang, Kapuas Hulu dan sekitarnya," kata Sutikno di Sungai Raya, Rabu.

Sementara untuk daerah Kalimantan Barat lainnya dalam kondisi berawan. Termasuk Kabupaten Mempawah, Kota Singkawang, Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya dan beberapa daerah lainnya.

Bebarapa pekan lalu, aktivitas hujan yang tinggi memang menyebabkan sebagian daerah seperti Mempawah, Kubu Raya dan Singkawang terendam banjir. Namun, intensitas hujan saat ini mulai menurun, dikarenakan awam comolunimbus mulai berkurang.

"Demikian untuk angin kencang dan petir juga sudah berkurang. Namun untuk Kalimantan Barat bagian Selatan tetap harus waspada, karena potensinya masih ada," tuturnya.

Saat ditanya mengenai titik api, Sutikno memastikan sampai hari ini pihaknya belum menemukan hal tersebut.

"Untuk hotspot belum ada, karena potensi hujan beberapa hari terakhir cukup tinggi, sehingga tidak ada pembakaran lahan," katanya.

Mengenai kondisi cuaca menjelang Ramadhan nanti, Sutikno juga mengatakan saat ini pihaknya belum bisa memastikan, karena jika diprediksi sekarang, maka tingkat error prediksi tersebut sangat tinggi.

"Soal itu baru bisa kita lihat lima sampai enam hari kedepan. Untuk sekarang kita belum bisa memastikan," kata Sutikno.


(U.KR-RDO/T011)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016