Pontianak (Antara) - Kepala Seksi Bina Pasar dan Distribusi Disperindagkop Kota Singkawang, Helmi Aswandi mengatakan, seminggu mendekati puasa harga bahan pokok terus mengalami kenaikan di kota itu.

     Diantaranya, sebut Helmi di Singkawang, Minggu, bawang putih dan kentang. Bawang putih yang sebelumnya dijual dengan harga Rp35 ribu perkilogram naik menjadi Rp38 ribu perkilogram atau naik sekitar 8 persen. Kemudian kentang, dari Rp17 ribu perkilogram, sekarang naik menjadi Rp18 ribu perkilogram.

    Sementara ayam potong bersih, lanjut Helmi, masih stabil dengan harga Rp27 ribu perkilogram.

    "Biasanya, seminggu sebelum puasa baru ada perubahan. Mudah-mudahan saja tidak lagi mengalami kenaikan harga," katanya.

    Sedangkan bawang merah, masih stabil dengan harga tinggi yakni berkisar antara Rp48 ribu sampai Rp50 ribu perkilogram. Untuk wortel kelas A juga masih stabil dengan harga tinggi antara Rp40 ribu sampai Rp45 ribu perkilogram.

    Kemudian, gula pasir juga masih stabil dengan harga tinggi antara Rp14.500 sampai Rp15 ribu perkilogram. Ikan tongkol masih stabil dengan harga Rp30 ribu perkilo. Ikan gembung satai masih dengan harga Rp30 ribu perkilo.

    "Harga ini masih normal. Sedangkan, beras kelas medium masih tetap Rp12.500 sampai Rp13 ribu perkilogram," tuturnya.

    Dari sekian banyak bahan pokok yang mengalami kenaikan, ada satu bahan pokok yaitu telur ayam ras terjadi penurunan harga. Pada minggu lalu dijual dengan harga Rp24 ribu perkilogram, sekarang turun menjadi Rp23 ribu perkilogram atau turun sekitar 4 persen.

Pewarta: Rendra Oxtora dan Rudi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016