Pontianak (Antara Kalbar) - Pembangunan tahap ketiga Bandara Supadio Pontianak kini sudah mencapai 75 persen, kata GM PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Supadio Bayuh Iswantoro.

"Pembangunan fisiknya tinggal interior. Bulan ini sudah mulai tender," kata Bayuh Iswantoro di Pontianak, Senin.

Bayuh menjelaskan pembangunan Bandara Supadio tahap tiga atau terakhir tersebut ditargetkan tuntas tahun 2016 dan dapat digunakan.

"Desember 2016 sebagaimana target harus selesai pembangunan. Direncanakan untuk peresmian akan dilakukan Presiden Joko Widodo," katanya.

    Ia menambahkan, dengan selesainya pembangunan tahap tiga yang merupakan untuk terminal keberangkatan, maka Bandara Supadio Pontianak dapat menampung sebanyak 3,8 juta penumpang pertahunnya.

"Dengan luasnya bandara maka otomatis kapasitas layanan bandara semakin besar dan maksimal. Nanti akan ada penambahan fasilitas juga," katanya.

Terkait landasan pacu, ia mengatakan tahun 2017 akan ada penambahan. Saat ini landasan pacu hanya 2.250 meter akan ditambah menjadi 2.600 meter.

"Semoga semua rencana bisa terealisasi sesuai target agar dalam berbagai hal semua menjadi maksimal," kata dia.

Bandara Supadio Pontianak merupakan pintu utama keluar masuk orang dan barang menggunakan transportasi udara di Kalbar.

Supadio melayani berbagai penerbangan dalam dan keluar negeri setiap harinya seperti Jakarta, Yogyakarta, Batam, Surabaya, Semarang, Banjarmasin, Bandung, Kuala Lumpur, Kuching, serta kota-kota lainnya di Provinsi Kalbar.

Maskapai yang menggunakan Bandara Supadio seperti Garuda, Lion Air, Sriwijaya Air, Air Asia, Express Air, NamAir, dan Kalstar.

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016