Singkawang (Antara Kalbar) - Wali Kota Singkawang, Awang Ishak melepas keberangkatan sebanyak 80 calon jemaah haji (CJH) asal kota setempat tahun 2016, di Gedung Arafah, Rabu.

"Saya selalu berpesan kepada jemaah haji, tolong doakan supaya air bersih di Singkawang segera terwujud," kata Awang Ishak.

Insya Allah, lanjut Awang, pada Februari 2017, air leding sudah bisa didistribusikan ke rumah-rumah pelanggan. Kemudian, lanjut Awang, doakan supaya masyarakat Singkawang hidup sejahtera.

"Sehingga semua masyarakat Singkawang kelak bisa naik haji seperti bapak/ibu sekalian," tuturnya.

Mengingat Singkawang tidak lama lagi akan ada pesta demokrasi (Pilwako), Awang meminta kepada jemaah haji untuk mendoakan jangan sampai ada warga Singkawang yang Golput.

"Sehingga Singkawang dapat memilih dan menghasilkan pemimpin yang terbaik untuk membangun Singkawang lima tahun ke depan," ungkapnya.

Tak lupa juga Awang mengingatkan, agar jemaah haji senantiasa taat kepada orang yang sudah diberi kepercayaan sebagai pemimpin jemaah haji selama berada di Mekkah.

"Begitu juga kepada pemimpinnya harus bertanggung jawab sepenuhnya kepada seluruh jemaah haji Singkawang," katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama Singkawang, H Jawani juga berpesan agar jemaah haji untuk banyak-banyak minum air selama berada di Mekkah.

"Meskipun tidak haus, sering-seringlah minum air putih. Karena kondisi cuaca di sana (Mekkah) berbeda dengan kita di sini," pesan Jawani.

Kepada jemaah, katanya, pandai-pandai menjaga kesehatan masing-masing. Dan selalu menaati peraturan pemerintah Arab Saudi.

"Banyak-banyak berdoa. Kalau ada yang melihat tingkah teman (sesama jemaah) yang aneh-aneh, segeralah istighfar," pesannya lagi.

Jawani berharap, keberangkatan dan kepulangan jemaah haji nanti bisa tiba dengan selamat dan sehat wal`afiat. "Semoga kepulangan jemaah haji nanti betul-betul menjadi haji mabrur," harapnya. 

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rudi dan Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016