Mempawah (Antara Kalbar) – Keluarga besar Kodim 1201/MPH merayakan HUT ke-71 TNI di Kabupaten Mempawah dengan panggung hiburan dan ramah-tamah bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.
    Dandim 1201/MPH Letkol Infanteri Win Nindar menyatakan kegiatan yang diselenggarakan di lingkungan kodim 1201/MPH itu mengusung tajuk nasional dengan ringkas "Bersama Rakyat TNI Hebat, Profesional dan Siap Mewujudkan Indonesia Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian.
    "Ringkasan tajuk inilah yang menjadikan keluarga besar TNI semakin kuat bersama rakyat dalam menjaga keutuhan NKRI," ujarnya.
    Perwira, prajurit, persit, tokoh masyarakat. Forkopimda dihadiri Sekda Mochrizal, Ketua DPRD Rahmad Satria, Kapolres, Kepala PN Mempawah turut serta dimalam syukuran HUT ke-71 TNI tahun 2016.
    Dandim menambahkan, para prajurit TNI harus berjiwa ksatria dan menjadi pejuang sejati, amanah dalam mengemban sapta marga (janji prajurit) serta komitmen menjaga keutuhan NKRI.
    "Membantu apa kesulitan rakyat dengan tindakan yang terbaik sesuai amanat konstitusi. TNI harus gigih melaksanakan tugas bergandengan dengan rakyat menjaga keutuhan NKRI. Sadarilah TNI bisa melaksanakan tugasnya secara maksimal karena dukungan rakyat juga," tegas Dandim.
    Selain mengapresiasi kinerja jajarannya, pada kesempatan itu Dandim Win Nindar juga memotong tumpeng HUT ke-71 TNI. Potongan pertama diberikannya kepada Pengurus Pensiunan TNI Angkatan Darat (PPAD) Mempawah purnawirawan TNI Suryadi. Potongan selanjutnya diberikan kepada prajurit termuda, yakni Kopral Gusti.
    Pada kesempatan yang sama, sekretaris daerah Kabupaten Mempawah Mochrizal menyampaikan ucapan selamat kepada TNI. Menurut Mochrizal kontribusi dan peran TNI dalam menjaga NKRI serta membangkitkan tekad juang membangun kabupaten Mempawah sangat penting.
    "Keberadaan TNI dan perannya dalam mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat, menjaga keamanan dan ketertiban bersama Polri di Kabupaten Mempawah ini sangat baik dan sinergis," kata Mochrizal.
    Atas nama Pemerintah Kabupaten Mempawah, lebih lanjut Sekda Mochrizal memberikan apresiasi kepada prajurit TNI atas pengabdian dan bhakti prajurit atas partisipasi aktif membangun sinergisitas.
    "Meski diakui sejauh ini pemkab menyadari belum optimal dalam membantu TNI dalam hal bantuan dana terhadap TNI, tapi TNI tetap hadir ditengah masyarakat, seperti penanggulangan bencana dan kegiatan TMMD misalnya," ujar Mochrizal.
    Syukuran dan malam ramah tamah HUT ke-71 TNI itu dimeriahkan dengan beragam hiburan, antara lain suguhan tarian tradisional khas Mempawah, puisi perjuangan dan paduan suara pelajar SMA Negeri 1 (satu) Anjongan dan theaterikal prajurit dan perwira kodim 1201/MPH yang memerankan ketokohan pejuang Alianyang melawan penjajah Belanda dimasa perjuangan dulu.
    Turut hadir unsur forkopimda Kabupaten Mempawah lainnya bersama Persatuan Istri Tentara (Persit) keluarga besar Kodim 1201/MPH.  

Pewarta: Aries Zaldi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016