Singkawang (Antara Kalbar) - Wakil Wali Kota Singkawang, Abdul Muthalib mengatakan, hadirnya Gerakan Kebangkitan Petani Indonesia (Gerbang Tani) di Kalimantan Barat merupakan angin segar bagi para petani di provinsi itu.

"Mudah-mudahan dengan adanya organisasi Gerbang Tani ini bisa meningkatkan martabat para petani, dan meningkatkan taraf hidup para petani agar semakin hari semakin baik, dengan di support oleh Menteri Pertanian," kata Abdul Muthalib, usai kegiatan Pelantikan Pengurus Gerbang Tani se-Kalbar, di Kantor DPC PKB Singkawang, oleh Ketum DPP Gerbang Tani, Idham Arsyad, Minggu.

Menurutnya, para petani juga sudah mendengar sendiri, bahwa apa yang diperlukan para petani, mulai dari tahun ini sampai tahun depan, semuanya akan digratiskan.

"Baik itu berupa bibit, alat-alat pertanian dan lain-lainnya semuanya betul-betul di support," tuturnya.

Untuk itulah, Abdul meyakini melalui organisasi Gerbang Tani, akan bisa menambah kesejahteraan para petani.

Menurutnya pula, dengan adanya Gerbang Tani ini maka kedaulatan ketahanan pangan pertanian diyakini bisa tercapai.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Singkawang, Yusnita terus berupaya akan mendorong para petani. Apalagi dalam hal ini, katanya, sudah didukung penuh oleh Menteri Pertanian.

Menurutnya, saat ini para petani Singkawang sudah memulai musim tanam dengan luasan sekitar dua ribuan hektar lebih yang tersebar di lima kecamatan kota setempat.

"Begitu memasuki masa panen, padi itu di simpan. Supaya masyarakat Singkawang tidak pernah kekurangan beras," katanya. 

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016