Putussibau (Antara Kalbar) - Aksi damai 212 yang terjadi di Ibu Kota Negara Indonesia, tidak mempengaruhi situasi keamanan di wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Jumat.

Kepala Bagian Kesatuan Kebangsaan dan Politik Sekretariat Daerah Kapuas Hulu, Kamarsyah menegaskan tidak ada warga Kapuas Hulu ataupun organisasi masyarakat (ormas) yang ikuti dalam aksi 212 DKI Jakarta.

"Kami sudah berupaya sejak awal bersama pihak Kepolisia , TNI dan para tokoh, sehingga situasi di Kapuas Hulu tetap kondusif," jelas Kamarsyah, di Putussibau, Kapuas Hulu.

Hal senada juga di katakan Kapolres Kapuas Hulu AKBP Sudarmin, yang mengatakan hingga saat ini situasi Kapuas Hulu tetap kondusif.

"Meskipum ada aksi damai di Jakarta, namun aktivitas di Kapuas Hulu berjalan seperti biasa, bahkan tidak persiapan khusus," jelas Sudarmin.

Dikatakan Sudarmin keharmonisan serta situasi yang kondusif itu berkat kesadaran semua pihak hingga ke lapisan masyarakat.

"Dari awal Kapuas Hulu sudah mengambil sikap melakukan koordinasi dan komunikasi dengan berbagai pihak, sehingga Kapuas Hulu sepakat tidak aka ada aksi damai seperti di Jakarta," kata Sudarmin.

Sementara itu Dandim 1206/Psb Letkol Inf Ibnu M juga pernah mengatakan berbagai langkah sudah dilakukan agar masyarakat tidak terprovpkasi oleh isu yang berkembang di media sosial dengan memberikan sosialisasi wawasan kebangsaan hingga ke kalangan pelajar.

Bupati Kapuas Hulu Abang M Nasir juga sudah mengimbau agar kesepakatan bersama dari berbagai kalangan termasuk dari Forum Kerukunan Umat Beragama untuk disosialisasikan hingga ke tingkat desa.

"Alhamdulillah situasi Kapuas Hulu hingga saat ini masih kondusif, ini yang perlu terus dijaga bersama," tegas Nasir.

(T.KR-TFT/N005)

Pewarta: Timotius

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016