Sanggau (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat kembali merekrut tenaga guru honor daerah mengingat hingga tahun 2019 ada ratusan guru yang bakal pensiun.

"Ada sekitar 750 orang guru yang akan pensiun, mereka diangkat berdasarkan Inpres," ujar Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sanggau, Welly Brodus Willy saat dihubungi di Sanggau, Jumat.

Ia melanjutkan, untuk itu maka tiap tahun akan ada rekrutmen guru honor daerah guna mencukupi kebutuhan guru di Kabupaten Sanggau.

Ia menambahkan, untuk kebutuhan tenaga kependidikan, status honorer daerah Pemkab Sanggau hanya di tingkatan SD, PAUD, TK serta SMP sederajat saja.

Sedangkan untuk guru honorer yang ada di tingkatan SMA/SMK sederajat saat ini di Kabupaten Sanggau hanya berstatus honorer sekolah yang bersangkutan.

"Dan akan menjadi urusan sekolah masing-masing seperti apa mereka setelah peralihan status SMA/SMK sederajat nantinya," jelas Welly.

Ia menambahkan, proses pengalihan kewenangan SMA/SMK sederajat dari Pemerintah Kabupaten/kota ke Pemerintah Provinsi Kalbar terus berlangsung. Termasuk pula untuk pengalihan status guru dan pegawai berstatus aparatur sipil Negara (ASN) sejauh ini berjalan lancar dan tidak ditemukan kendala, kata dia.

Ia mengakui, yang akan menjadi persoalan yakni guru yang berstatus tenaga honor daerah. Namun untuk Kabupaten Sanggau, tidak ada guru honorer daerah yang mengabdi di seluruh SMA/SMK sederajat yang tersebar diangkat melalui surat keputusan Bupati Sanggau maupun SK Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sanggau.





(T.T011/M019)

Pewarta: M Khusyairi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017