Pontianak (Antara Kalbar) - Sejumlah hotel yang ada di kota Singkawang mulai penuh pesanan menjelang perayaan Imlek dan Cap Go Meh (CGM) 2017.

Seperti pada Hotel Swiss-Belinn yang terletak di Kompleks Singkawang Grand Mall (SGM) dengan jumlah 117 kamar yang tersedia, saat ini sudah "full booking" dipesan oleh tamu guna menyaksikan Festival Cap Go Meh di Singkawang.

"Sebanyak 117 kamar yang ada di hotel kita sudah "full booking" dipesan untuk Festival Cap Go Meh," kata General Manager (GM) Hotel Swiss - Belinn Singkawang, Muhammad Jufri Sakka, Selasa.

Menurutnya, pemesan kamar banyak yang berasal dari Jakarta. Dan pemesanan itu sudah dilakukan pengunjung (tamu) sejak bulan November 2016.

Dengan adanya event Cap Go Meh itu nanti, tentunya akan memberikan dampak positif bagi Singkawang Grand Mall. Terlebih dalam perayaan Imlek khususnya pada malam hiburan rakyat yang rencananya akan dipusatkan di Singkawang Grand Mall.

"Tentunya hal itu akan berdampak kepada tingkat kunjungan dan transaksi jual beli juga akan ikut bertambah," tuturnya.

Tak hanya itu, lanjutnya, dalam waktu dekat ini juga akan ada even besar yang dinamakan "Jakarta Clothing (JakCloth)" selama tiga hari, dari tanggal 13-15 Januari di Singkawang Grand Mall.

"Jakarta Clothing (JakCloth) ini salah satu kegiatan kami untuk menyambut sekaligus memeriahkan Imlek dan Cap Go Meh di Singkawang dengan mendatangkan artis nasional seperti The Changcuters, D`Masiv, Payung Teduh, dan DJ Yasmin," katanya.

Dalam even ini juga, pihak SGM menargetkan sebanyak 30 ribu orang (pengunjung) yang akan datang menyaksikan acara ini.

Seperti pada pelaksanaan even Imlek dan Cap Go Meh setiap tahunnya, dimana semua hotel yang ada dipastikan penuh. Demikian pada tahun ini, hal itu juga dipastikan akan kembali terjadi.

Ketua Panitia Perayaan Imlek dan Cap Go Meh Kota Singkawang, Wijaya Kurniawan juga memastikan perayaan Imlek dan Cap Go Meh di Kota Singkawang tahun ini dipastikan meriah seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Saat ini panitia sudah mempersiapkan even yang menarik guna memeriahkan perayaan Imlek dan Cap Go Meh," katanya.

Menurutnya, perayaan Imlek dan Cap Go Meh tetap dilaksanakan meskipun dalam perayaannya nanti berbarengan dengan Pilkada 2017.

"Yang terpenting dalam pelaksanaannya, kita sama-sama menjaga keamanan, kenyamanan dan kedamaian," katanya mengingatkan.

Untuk itulah, panitia Cap Go Meh Singkawang berharap agar semua masyarakat Singkawang bisa bersatu dan bekerja sama guna menyukseskan even tersebut.

Terlebih, Kota Singkawang merupakan kota pariwisata. Ditambah lagi Cap Go Meh sudah dikenal secara nasional bahkan internasional.

"Sehingga sudah menjadi kewajiban kami (warga Tionghoa) untuk melaksanakan dan memeriahkannya. Dengan begitu, apa yang kami lakukan nantinya akan berdampak positif bagi perekonomian rakyat Kota Singkawang," ujarnya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017