Sungai Raya (Antara Kalbar) - Prakirawan Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika Supadio Pontianak Mega Fitriawita mengingatkan masyarakat Kalimantan Barat untuk mewaspadai adanya potensi angin kencang pada dua sampai tiga hari kedepan.

"Kita prediksikan, akan ada potensi angin kencang disertai guntur, khususnya di wilayah Kabupaten Mempawah, Kubu Raya, Kayong Utara, Ketapang, Bengkayang, Sambas, Kota Singkawang dan Pontianak," kata Mega di Sungai Raya, Minggu.

Meski memantau adanya potensi angin kencang, namun dirinya juga belum mengetahui apakah itu puting beliung atau bukan. Angin kencang tersebut memiliki kecepatan 50 kilometer/jam.

"Umumnya angin kencang ini terjadi pada siang hingga sore hari. Kemudian hujan dengan intensitas sedang hingga lebat akan terjadi dari sore dan bisa berlanjut pada malam," tuturnya.

Mega menambahkan, untuk cuaca hari ini, potensi hujan dengan intensitas ringan terjadi merata di seluruh wilayah Kalbar, kecuali Pontianak, Mempawah dan Kayong Utara.

"Sementara untuk dua sampai tiga hari kedepan ada potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang akan terjadi pada daerah Landak, Bengkayang, Sintang dan Melawi. Sementara untuk daerah lainnya akan terjadi hujan ringan," katanya.

Dirinya juga mengatakan, berdasarkan pantauan pihaknya juga memantau hotspot pada tanggal 14 Januari, berdasarkan satelit Modis, dimana ada 18 titik api yang terjadi.

Di Sambas sebanyak tiga titik, Mempawah tiga titik, Bengkayang empat titik, Landak tiga titik, Kubu Raya empat titik, dan Singkawang 1 titik.

"Namun, untuk hotspot pada hari ini sudah berkurang karena ada hujan di beberapa daerah," kata Mega.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017