Pontianak (Antara Kalbar) - Warga Pulau Lemukutan di Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat mulai merasakan manfaat dari program keluarga berencana yang dilakukan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKB) Kalbar.

"Saat ini, kami mulai merasakan manfaat dari program KB, sehingga kehidupan kami lebih sehat, bahagia, sejahtera dan keluarga berkualitas," kata Kepala Desa Pulau Lemukutan, Datuk Nizam saat dihubungi di Lemukutan, Sabtu.

Ia menjelaskan, saat ini sebanyak 440 kepala keluarga di Desa Pulau Lemukutan sudah merasakan manfaat KB dalam meningkatkan kualitas kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

"Kini masyarakat kami sangat memahami manfaat mengikuti progam KB. Selain untuk menunda kelahiran, juga dapat memgatur jarak kelahiran anak, sehingga masyarakat, serta bisa merencanakan masa depannya," ungkapnya.

Ia menambahkan, warganya cenderung menggunakan KB suntik, dan rata-rata setiap kepala keluarga memiliki tiga anak.

"Kini warga kami juga sudah mengutamakan pendidikan pada anaknya, apalagi sekarang sudah ada Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama," ujarnya.

Sementara itu, bagi anak-anak yang ingin melanjutkan pendidikannya hingga tingkat SMA/sederajat, maka mereka harus sekolah ke luar pulau ini, katanya.

Nizam menambahkan setidaknya dengan adanya Tugu KB di desanya, maka kini masyarakat paham akan peningkatan kualitas bagaimana memiliki kehidupan yang jauh lebih baik lagi.

"Sekarang masyarakat paham bagaimana kewajiban memiliki pendidikan yang tinggi, selain memikirkan bagaimana harus memiliki keturunan agar mendapatkan kualitas generasi yang baik di kemudian hari," kata Nizam.

Pewarta: Andilala dan Slamet

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017