Pontianak (Antara Kalbar) - Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Singkawang mulai melaksanakan Try Out (TO) dengan menggunakan sistem online.

"Try Out (TO) ini akan digelar selama empat hari ke depan. Ini merupakan hari pertama dan berakhir pada Jumat," kata Kepala SMPN 4 Singkawang, Agus Mulyadi, Selasa.

Hal ini dilakukan, lantaran SMPN 4 Singkawang merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh Kemendikbud RI untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di tahun 2017.

Guna menghadapi itu, pihaknya akan rutin menggelar Try Out (TO). "Rencananya, setiap bulan akan kita gelar Try Out, dimana untuk tahap awal, dikarenakan kita belum punya komputer, maka kita gunakan Ponsel Android," ujarnya.

Sedangkan untuk ujian nasional kelak, pihaknya akan menginduk di SMKN 2 Singkawang.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Singkawang, HM Nadjib mengatakan, sesuai petunjuk dari Kemendikbud RI, bahwa ada empat SMP di kota itu yang akan melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tahun 2017.

Empat SMP itu, antara lain SMPN 1, SMPN 3, SMPN 4 dan Barito. "Inilah yang sudah ditetapkan dari pusat," kata Nadjib.

Untuk itu, dia mengingatkan, agar empat sekolah yang sudah ditunjuk Kementerian RI ini segera membiasakan diri dengan menggelar Try Out dengan sistem online.

Sedangkan pada pelaksanaannya kelak, jelas Nadjib, untuk SMPN 1 akan menginduk di SMKN 1, SMPN 3 menginduk ke SMAN 3, SMPN 4 menginduk ke SMKN 2, dan SMP Barito menginduk ke SMK Mudita.


Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017