Makassar (Antara Kalbar) - PT Kalla Toyota mengklaim menguasai pasar otomotif hingga Desember sebesar 47,8 persen dari total penjualan otomotif sebanyak 52.402 unit dari seluruh merek, meski pasar otomotif menurun sebesar 3,1 persen selama 2016.

"Kami memberikan terima kasih terhadap pelanggan setia yangb terus mempercayakan kendaraan pilihan dengan toyota khususnya di wilayah pemasaran Kalla Toyota di Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara dan Tengah," papar Chief Executif Kalla Toyota Hariyadi Kaimuddin di Makassar, Rabu.

Dalam pertemuan dengan sejumlah awak media, Hariyadi menyatakan pihaknya akan terus memberikan yang terbaik buat pelanggan setia Toyota termasuk dengan penawaran harga terjangkau bagi para konsumen Kalla Toyota.

"Kami optimis akan terus meningkatkan penjualan dan semakin mendekatkan diri kepada pelanggan, tentunya dengan memberikan kemudahn-kemudahan mengawali tahun ini," ujarnya.

Sementara General Manager Kalla Toyota Tarsimin saat memberikan pemaparan terkait pasar otomotif di tahun 2016 mengungkapkan, kendati pasar otomotif mengalami penurunan hingga 3,1 persen, namun penjualan Kalla Toyota masih menguasai pasar pada empat provinsi di Pulau Sulawesi, Indonesia.

"Meskipun ada penurunan pasar otomotoif, tetapi Kalla Toyota masih di peringkat pertama dengan penjualan meningkat dari 39,3 persen pada 2015 naik menjadi 39,9 persen di 2016," ucapnya kepada wartawan saat presentasi market share di Warunk Upnormal Makassar.

Tarsimin menyebutkan, Kalla Toyota berhasil membukukan penjualan kendaraan sebanyak 20.898 sela,ma Januari-Desember 2016, dimana tahun ini ada kenaikan 0,5 persen dari priode yang sama dibandingkan tahun lalu.

Dari total penjualan itu, Kalla Toyota pada 2016, grand new Avanza berkontibusi cukup dominan dengan menembus diangka 33 persen disusul Toyota Agya sebesar 17,1 persen dan all mew Calya merupakan produk baru mencapai 14,3 persen.

Kemudian pada kelas MPV low, Grand New Avanza menguasai pasar dengan share sebesar 59,2 persen, bahkan Toyota Agya juga mendominasi di kelas 'Compact Entry' sebesar 45 persen.

"Sedangkan All New Calya yang merupakan model baru juga direspon positif konsumen dengan memberikan kontribusi pada penjualan Kalla Toyota menguasai kelas MVP Entry sebesar 55,3 persen," katanya.

Selain itu, lanjut Tarsimin, tidak ketinggalan Al New Kijang Inova dengan market share sebear 94,7 persen di kelas MPV Medium dan All New Fortuner juga memimpin di kelas SUV High dengan perolehan market share sebesar 52,3 persen.

"Untuk itu kami terus memberikan kemudah-kemudahan bagi para pelanggan setia Kalla Toyota, tahun ini kita tetap memberikan ruang bagi konsumen untuk memiliki mobil dengan uang muka mulai dari Rp15 jutaan," tambahnya.

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017