Pontianak (Antara Kalbar) - Kepala Biro Operasi Polda Kalbar, Kombes (Pol) Hariadi menyatakan, pengamanan Perayaan Cap Go Meh yang dipusatkan di Kota Singkawang dan Pontianak, Sabtu (11/2) kemarin berjalan sukses dan lancar.

"Pengerahan personel di kedua kota itu, kami atur berdasarkan rencana Operasi Liong Kapuas 2017 dengan porsi Back-up Polda Kalbar untuk dua wilayah perioritas, yakni Kota Singkawang dan Kota Pontianak," kata Hariadi di Pontianak, Minggu.

Ia menjelaskan, untuk pengamanan di Singkawang dikerahkan sebanyak 950 personel Polri, TNI 300 personel dan Sat-Pol PP, dan didukung dengan peralatan lengkap kendaraan taktis Brimob dan Sabhara serta mobil Deteksi Pam-Obvit yang ditempatkan di lokasi strategis dan lainnya.

Seperti tahun lalu Perayaan CGM di Kota Singkawang, yang telah dimeriahkan upacara pembukaan dan pelepasan pawai Tatung sebanyak 565 peserta, dan dihadiri oleh 32 tamu negara perwakilan dan pejabat tinggi Kementerian Parawisata.

Sedangkan perayaan Cap Go Meh di Kota Pontianak dimeriahkan dengan Pawai Naga Bersinar yang dipusatkan di Jalan Diponegoro Pontianak yang semuanya berjalan sukses.

Sementara itu, Kaur Lipprodok Humas Polda Kalbar, Ajun Komisaris Polisi Cucu Safiyudin mengatakan, Kapolda Kalbar, Irjen (Pol) Musyafak bersama Forkopimda turut hadir langsung di tengah-tengah masyarakat Kota Singkawang guna memberikan rasa aman dalam pelaksanaan Perayaan CGM sekaligus memantau wilayah lain yang turut merayakan, yakni Kota Pontianak, Kabupaten Sambas, Bengkayang, Mempawah, Sintang dan beberapa tempat di Kalbar.

"Pengamanan CGM juga diperkuat oleh Polisi Wanita (Polwan) bersepeda sebanyak 50 unit, mereka juga ambil bagian pada upacara pembukaan dan sebagai pengawal terdepan yang mengiringi pawai tatung, selain itu ada kelompok Polwan lainnya bertugas menjadi among tamu VVIP," ungkapnya.

Menurut dia, suksesnya pengamanan CGM di Kalbar, tidak terlepas dari peran serta dan dukungan semua pihak.

Serta, juga tidak terlepas dari kesiapan dari jajaran Polda Kalbar sendiri, yang telah diawali dengan pelaksanaan pelatihan perlawanan teroris oleh Brimob di Mapolresta Pontianak, Sispam kota di Kota Singkawang, latihan Tactical Floor Game (TFG) dan Tactical Aplication Game (TAG) di Kota Singkawang, serta pembentukan Kompi Kerangka yang sewaktu-waktu siap digerakkan, serta menempatkan para pejabat utama Polda Kalbar sebagai Tim Asistensi untuk mendampingi para kapolres dan Kapolresta, guna memastikan memperketat pengamanan di seluruh wilayah Kalbar dalam mensukseskan acara tersebut.

Cucu menambahkan, kapolda Kalbar juga mengucapkan terima kasihnya kepada Forkopimda, personel TNI/Polri dan seluruh elemen masyarakat Kalbar yang telah bersama-sama mensukseskan Perayaan CGM di Kalbar.
(U.A057/E001)

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017