Pontianak (Antara Kalbar) - Ketua DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat Cornelis mengatakan, kemenangan pasangan yang diusung partainya dan partai lain di Kota Singkawang dan Kabupaten Landak menunjukkan masyarakat semakin cerdas dalam memilih pemimpin.

"Menurut saya, kemenangan pasangan calon bupati Landak dan Wali Kota Singkawang itu bukan kemenangan partai atau calon yang diusung, tapi ini merupakan kemenangan masyarakat yang sudah semakin cerdas dalam memilih pemimpinnya," kata Cornelis di Ngabang, Kamis.

Dia mengharapkan kepada pasangan calon bupati Landak dan Wali Kota Singkawang bisa mempertanggungjawabkan suara masyarakat yang memilihnya dengan bekerja secara baik dan melayani masyarakat bersungguh-sungguh ketika dilantik nanti sebagai pemimpin.

"Kira-kira itu harapan saya. Kemudian kepada masyarakat yang telah memberikan suaranya, saya juga mengucapkan terima kasih dan saya angkat topi, karena masyarakat kita sudah sangat cerdas karena bisa memilih dengan akal sehat dan tingkat rasio yang tinggi," tuturnya.

Cornelis yang juga Gubernur Kalimantan Barat itu juga mengatakan, dalam pelaksanaannya, pilkada dua daerah di Kalbar memang masih ada beberapa kelemahan, namun juga banyak kelebihannya.

"Kedepan, kita tentu berharap agar agar berbagai kekurangan ini bisa diperbaiki sehingga pelaksanaan pilkada di Kalbar dan Indonesia bisa lebih baik lagi," katanya.

Karena pelaksanaan pilkada itu masih belum selesai, dirinya meminta kepada kader-kader partai untuk tetap mengawal dan tetap kompak agar kemenangan itu bisa dikawal.

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada DPP PDI Perjuangan karena sudah menyetujui dan mempercayai calon yang kita rekomendasikan, sehingga hasilnya bisa seperti ini," kata Cornelis.

Sementara itu, berdasarkan pantauan dari web resmi KPU untuk hasil sementara formulir C1 pilkada Landak sampai pukul 12.50 WIB, pasangan Karolin-Heriadi berhasil meraih suara sebesar 96,04 persen dengan total suara 149.892.

Sementara perolehan suara kotak kosong sebesar 6.174 suara. Data tersebut masuk dari 679 TPS dari 1.006 TPS yang ada di kabupaten Landak.

Sedangkan pada pilkada Singkawang berdasarkan hasil perhitungan oleh KPU melalui formulir C1 juga dimenangkan pasangan yang diusung oleh PDI Perjuangan yaitu Tjhai Chui Mie, SE dan Drs. H. Irwan, M.Si dengan perolehan suara 38.549 atau 42,60 persen.

Di urutan kedua diraih pasangan H. Abdul Mutalib dan Muhammadin dengan perolehan suara 24.234 atau 26,78 persen, urutan ketiga oleh pasangan Andi Syarif dan Nurmansyah dengan perolehan suara 15.501 atau 17,13 persen dan keempat oleh pasangan Tjhai Nyit Khim, dan H. Suriyadi dengan perolehan suara 12.217 atau 13,50 persen.

Jumlah tersebut sudah 100 persen, mengingat sudah 405 dari 405 TPS yang ada sudah menginput datanya kepada KPU.



Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017