Pontianak (Antara Kalbar) - Pontianak Digital Stream (PDS) yang merupakan wadah bagi penggiat dunia digital di daerah tersebut bekerja sama dengan KPw Bank Indonesia Kalbar mengelar E-Commerce Day dalam rangka memberikan wawasan dunia digital dan E-Commerce atau perdagangan secara elektronik.

Dalam kegiatan yang digelar di KPw BI Kalbar tersebut dihadiri oleh ratusan peserta yang terdiri pelaku UMKM, pelajar dan mahasiswa yang ada di Pontianak.

Direktur Pontianak Digital Stream, Hermawan, Rabu menjelaskan digelarnya E-Commerce Day dalam rangka agar anak muda Pontianak sudah mulai melihat perkembangan informasi dan teknologi terutama dalam hal pemanfaatan dunia digital yang kian pesat.

"Perkembangan dunia digital berbasis internet saat ini sangat pesat. Hal itu menjadi peluang terutama untuk peningkatan ekonomi melalui perdagangan secara elektronik," kata dia.

Hermawan menjelaskan melalui perdagangan secara elektronik akan jauh lebih membantu dan efisiensi. Hal itu menurutnya dibuktikan dengan berkembang toko online di Indonesia.

"Apalagi saat ini berdasarkan penelitian yang ada bahwa penggunaan internet di Indonesia trennya terus meningkat. Saat ini ada 88,1 juta orang Indonesia sudah mengakses dan menggunakan internet. Dilihat dari umum dominan itu kisaran umur 25-35 tahun. Dengan tingginya penggunaan internet berkolerasi positif terhadap penjualan melalui perdagangan elektronik," kata dia.

Dalam E-Commerce Day, PDS menghadirkan sejumlah pemateri berkompeten dan dari berbagai bidang di antaranya dari Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, Prof. DR Syarifudin Tippe yang menyoroti aspek keamanan dunia E-Commerce, Kepala KPw Kalbar, Dwi Suslamanto membahas peluang dan potensi E-Commerce dan dari Digital Stream, Hanjon Mahdy membahas online shoping.

(KR-DDI/N005)

Pewarta: Dedi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017