Pontianak (Antara Kalbar) - Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Singkawang, Mulyadi Qamal meminta pemerintah kota setempat segera memperbaiki infrastruktur, khususnya jalan menuju ke tempat wisata.

"Sebagai kota pariwisata, sangat disayangkan jika infrastruktur jalan menuju ke tempat wisata masih ada yang rusak. Maka dari itu, kami minta Pemkot Singkawang untuk memperbaikinya," kata Mulyadi Qamal di Pontianak, Jumat.

Menurutnya, perbaikan infrastruktur jalan sangat penting guna mendongkrak kunjungan wisatawan ke Kota Singkawang. Salah satunya jalan menuju ke tempat wisata.

"Untuk menuju ke tempat wisata ini `kan, tidak mungkin pihak swasta yang membangun semuanya. Tentu ada sumbangsihnya dari pemerintah daerah juga," tuturnya.

Dia menilai upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Singkawang saat ini belum maksimal.

"Upaya sudah ada, cuma belum maksimal. Tinggal bagaimana peran pemerintah menggandeng pihak ketiga untuk mengembangkan tempat-tempat wisata yang ada," ungkapnya.

Di samping jalan, lanjutnya, air dan listrik juga sangat berpengaruh dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Singkawang.

"Jadi air dan listrik juga perlu dibenahi dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Singkawang," katanya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Singkawang, Bosni mengatakan akan berupaya menggandeng pihak ketiga dalam mengembangkan semua tempat wisata yang ada di kota itu.

"Semua tempat wisata yang ada akan kita garap dengan menggandeng pihak ketiga sehingga pemerintah cukup mengatur dan menata, mana-mana tempat yang boleh dibangun dan mana yang harus dijaga lingkungannya," katanya.

Di samping itu, dia juga meminta pengelola wisata untuk taat membayar pajak dan retribusi parkir maupun tiket masuk.
(U.KR-RDO/A039)

Pewarta: Rudi dan rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017