Pontianak (Antara Kalbar) - Rumah Muda Kreatif (Rumaktif) Pontianak yang merupakan wadah kolaborasi bagi pelaku ekonomi kreatif yang ada di daerah tersebut akhirnya terbentuk.

Ketua Rumaktif terpilih, Rizal Edwin menjelaskan hadirnya Rumaktif tidak terlepas dari keinginan dan dorongan pelaku industri kreatif yang ada di Pontianak untuk bergerak dan berbuat secara bersama, bersinergi dan berkolaborasi. Menurutnya dengan adanya penyatuan keinginan tersebut kekuatan ekonomi kreatif Pontianak diharapkan terus tumbuh dengan pesat.

"Rumaktif Pontianak sebagai rumah besarnya pelaku kreatif Pontianak. Semua bisa bergabung dalam satu visi yakni menciptakan para pelaku ekonomi kreatif yang tangguh, profesional dan berkarakter," ujarnya di Pontianak, Senin.

Saat ini kata dia, pihaknya tengah menyusun program kerja. Program kerja tersebut paparnya tentu menjawab dan memberikan solusi terhadap persoalan yang ada dan memberikan inovasi baru agar ekonomi kreatif tumbuh dan memberikan kontribusi yang besar terhadap pembangunan ekonomi di Pontianak.

"Hadirnya Rumaktif tidak terlepas juga dari komitmen dari Pemkot Pontianak untuk memfasilitasi dan mendukung pelaku ekonomi kreatif di Pontianak agar tumbuh kembang. Bak gayung bersambut, komitmen besar dari pemerintah dan teman - teman yang ada juga siap mendukung," kata dia.

Ia mengajak siapa pun pelaku ekonomi kreatif di 16 sektor yang ada di Pontianak untuk bergabung di Rumaktif.

"Rumaktif milik bersama. Mari kita bergabung bersama menyatukan langkah. Di bawah binaan Pemkot Pontianak banyak hal dan ide kreatif yang bisa aplikasikan," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Pontianak, Syarif Saleh mengatakan dibentuknya Rumaktif Pontianak yang di dalamnya semua ada pelaku industri kreatif, sebagai tindak lanjut dari MoU antara Pemkot Pontianak dengan Badan Ekonomi Kreatif RI.

"Pemkot Pontianak sangat mendukung tumbuh kembang pelaku ekonomi kreatif di Pontianak. Oleh karena itu melalui Rumaktif yang langsung dikelola pelaku ekonomi kreatif itu sendiri diharapkan bisa memajukan sektor ekonomi kreatif dan berkontribusi besar terhadap mereka sendiri maupun daerah ini," kata dia.


Pewarta: Dedi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017