Pontianak (Antara Kalbar) - Kepala Perwakilan BKKBN Kalimantan Barat, Kusmana menjelaskan bonus demografi Kalbar diperkirakan terjadi pada 2020 dan dengan bonus tersebut harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

"Bonus Demografi merupakan peluang yang harus dimanfaatkan terutama bagi mereka yang berada dalam batas usia produktif untuk menciptakan lapangan usaha sendiri. Produktif artinya generasi muda yang berprestasi yang dapat menciptakan lapangan usaha untuk diri sendiri dan orang banyak," ujarnya saat Talkshow Travel Fair di Mega Mall Pontianak, Jumat.

Menurutnya kontribusi yang dimaksud adalah generasi yang dalam perekonomian keluarga dapat menjadi remaja usia produktif sehingga mereka menjadi bermanfaat bagi banyak orang.

"Sehingga pengertian bonus demografi yang didapat saat generasi muda bermanfaat untuk diri sendiri dan banyak orang, itu yang disebut dengan bonus," jelasnya.

Kusmana menambahkan setiap SDM dalam usia produktif menjadi tanggung jawab pemerintah ke depan dalam memberikan peluang dengan arahan menuju kehidupan yang berkualitas.

Sementara itu, Kadis Kominfo Kota Pontianak Uray Indra menjelaskan bahwa Pemerintah Pontianak sejauh ini terus mendukung dalam program terutama dalam memberikan keterampilan bagi generasi muda Kota Pontianak.

"Seperti hari ini Kota Pontianak meluncurkan penggerakan online UMKM yang sebagian adalah anak-anak muda. Kami memberikan kesempatan sehingga kami yakin saat bonus demografi tiba kita siap," jelasnya.

Uray Indra juga mengatakan menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah dalam memberikan pemahaman agar bonus demografi juga dapat terjadi di Kota Pontianak pada 2020 mendatang.

"Pemkot Pontianak memprioritaskan warga Pontianak dalam menjalankan beberapa program yang ada sehingga Pontianak memiliki calon-calon terbaik yang berkualitas untuk menghadapi kehidupan dimasa yang akan datang," kata dia.

(KR-DDI/N005)

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017