Pontianak  (Antara Kalbar) - Direktur Ciputra Grup, Meiko Handoyo mengatakan mulai tahun depan akan mengembangkan perumahan menengah ke atas yang masuk dalam lokasi pembangunan perumahan Citra Gardenia Aneka yang terletak di Kabupaten Kubu Raya.

"Sebagai pihak pengembang perumahan, kita selalu berusaha untuk mengakomodir kebutuhan semua kalangan. Makanya, mulai tahun depan, kita akan membangun perumahan untuk kalangan menengah, yang juga berada dilokasi yang sama dimana saat ini kita bangun," kata Meiko di Pontianak, Kamis.

Dia menjelaskan, Ciputra saat ini memiliki lahan seluas 30 hektare yang berada di kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya dimana kawasan tersebut akan dijadikan sebagai pengembangan perumahan sekaligus perkotaan yang terintegrasi.

Menurutnya, Pontianak merupakan kota yang menarik dan pihaknya telah melihat peluang yang sangat baik untuk pembangunan.

"Lokasi perumahan yang kita bangun di Kubu Raya saat ini memang memang jauh dari kota, hal itu sengaja kita pilih karena udaranya masih sangat bagus sehingga kita mengutamakan lingkungan yang sehat bagi pemilik rumah," tuturnya.

Selama ini, lanjutnya, pihaknya juga selalu mengutamakan lingkungan hijau dan itu menjadi syarat utama, agar penghuni perumahan merasa betah dan kesehatannya tetap terjaga.

"Kita juga mengutamakan fasilitas air bersih dan kita memiliki pengolahan air bersih tersendiri. Dimana nantinya disana juga akan kita bangun sarana sosial yang mendukung sebuah perkotaan tersendiri," katanya.

Di tempat yang sama, Hendry Tamzel, Direktur Ciputra lainnya menambahkan pihaknya mencoba melihat potensi yang ada di Pontianak dan memilih lokasi yang dekat dengan Bandara Supadio, dimana pihaknya tahu Pontianak akan terus bertumbuh sehingga untuk kawasan pemukiman dipilih pada daerah terdekat dengan Pontianak dan dekat dengan Airport.

"Kita yakin daerah yang dekat dengan airport bisa cepat berkembang dan bisa kita lihat sendiri pembangunan disana cepat sekali dimana beberapa perusahaan besar sudah mulai dibangun dan ini mendukung suatu kawasan pembangunan yang sangat baik, dimana kedepan setiap orang pasti mengutamakan fasilitas yang baik," kata Hendry.

Dia menjelaskan, saat ini Ciputra telah memiliki total area sekitar 30 hektar dari kawasan yang ada, dimana tahun depan juga sedang mengembangkan perumahan murah dengan kisaran Rp700juta, dimana perumahan yang sudah ada saat ini dengan kisaran harga antara Rp1,5 sampai Rp2 miliar lebih.

"Hal ini kita lakukan agar ada perbandingan harga, antara perumahan kelas menengah keatas dan menengah sehingga kita bisa menyasar pasar semua lapisan masyarakat," tuturnya.

Sementara itu, Firmanto, Partner Group Ciputra sekaligus pemilik Usaha Aneka mengatakan selama ini pihaknya fokus pada otomotif, namun dengan bekerjasama dengan Ciputra dirinya mencoba mengembangkan perumahan mengingat Ciputra selama ini dikenal sebagai pengembang perumahan yang mengedepankan penghijauan.

"Saya yakin perumahan ini bisa diterima oleh masyarakat dan ini juga sudah kita buktikan, dimana antusias masyarakat untuk memiliki perumahan pada areal yang kita bangun juga sangat baik. Ke depan, dengan dibangunnya perumahan untuk masyarakat menengah, saya yakin, antusias masyarakat juga akan sangat tinggi," katanya.

(U.KR-RDO/N005) 

Pewarta: Rendra Extora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017