Pontianak (Antara Kalbar) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyatakan, ikut berperan aktif dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia masyarakat di seluruh Indonesia umumnya, dan Kalbar khususnya.

"Sebagai lembaga yang mendapatkan mandat dalam menyukseskan agenda prioritas pembangunan nasional (Nawacita), yaitu agenda prioritas ke-3 membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka NKRI," kata Plh Kepala Perwakilan BKKBN Kalbar, Gun Jamani di Pontianak, Sabtu.

Kemudian, agenda prioritas ke-5 meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia, dan agenda prioritas ke-8, melakukan revolusi karakter bangsa, katanya.

Sebagai salah satu upaya mendukung peningkatan kualitas hidup manusia Indonesia tersebut, BKKBN harus menjadi lembaga yang handal dan dipercaya dalam mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan keluarga berkualitas.

"Seluruh program diharapkan dapat memberi manfaat secara langsung kepada masyarakat luas melalui
program KKBPK (Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga)," kata Jamani.

Salah satu upaya yang dilakukan BKKBN untuk mewujudkan mandat tersebut adalah dengan melakukan sinergitas dan kemitraan dengan tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat, katanya.

"Begitu juga sinergitas dan kemitraan dengan berbagai organisasi profesi, keagamaan, pendidikan, perempuan, kepemudaan dan berbagai organisasi yang memiliki kepedulian tinggi terhadap program KKBPK sehingga upaya untuk menanamkan norma keluarga kecil dikalangan masyarakat dapat dilaksanakan secara luas dan berkelanjutan," ujarnya.

Sementara itu, melalui Ikatan Keluarga Besar Madura (IKBM) yang merupakan salah satu organisasi yang dibentuk oleh dan untuk masyarakat, BKKBN mencoba untuk mensosialisasikan program KKBPK di kalangan kelompok etnis di Kalbar. Dengan memanfaatkan moment Pekan Budaya dan Pemilihan Lanceng Praben tahun 2017.

Kemudian nantinya Lanceng dan Praben terpilih diharapkan mampu membawa misi program KKBPK kepada masyarakat. Dalam rangkaian pemilihan Lanceng Praben, para finalis akan mendapatkan pembekalan materi selama dua hari di kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Kalbar.

Selain Pemilihan Duta KB Lanceng Praben dalam IKBM Expo Pekan Budaya 2017 akan dilaksanakan juga Pameran Batik Madura, Kuliner, Pameran Properti, Dialog Kebudayaan dan lain sebagainya, katanya.

(A057/N005)

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017