Sintang (Antara Kalbar) - Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, akan menampilkan tarian tradisional pada peringatan Hari Tari Dunia yang akan diselenggarakan di Institut Seni Indonesia di Surakarta mendatang.

"Kami akan bakukan tarian tradisional dari Kecamatan Ketungau Hulu yaitu tari "Ngajat" dan "Pencak" agar bisa tampil di Institut Seni Indonesia," kata Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sintang, Siti Musrikah ketika ditemui di Sintang, Minggu.

Menurut Siti untuk bisa menampilkan tarian di Institut Seni Indonesia tarian tradisional mesti dibakukan, sebab untuk tampil di luar sana bukan tarian kreasi melainkan harus tarian tradisional yang telah dibakukan.

Hanya saja Siti menyayangkan di Kabupaten Sintang belum ada tarian tradisional yang dibakukan, adapun tarian yang selama ini ditampilkan dalam setiap acara yaitu tarian kreasi.

"Selama ini Sintang hanya menampilkan tari kreasi, kecuali tarian dari Sanggar Sakral Widya Budaya Bhakti memang tarian tradisional tetapi belum dibakukan," kata Siti.



Pewarta: Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017