Sungai Raya (Antara Kalbar) - Bupati Kubu Raya, Rusman Ali mengajak pengurus Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) setempat untuk ikut meningkatkan kerukunan antarumat beragama dan terus menjaga kebinekaan di kabupaten itu.

"Melalui BKMT ini saya mengharapkan agar para pengurus dapat menjaga silahturahmi antarsesama, bukan hanya sesama agama, tetapi juga dengan agama lainnya. Ini tentu sangat penting dalam menjaga kebinekaan di tengah maraknya isu negatif yang beredar di tengah masyarakat," kata Rusman Ali saat membuka Rakerda BKMT Kubu Raya 2017 di kecamatan Sungai Raya, Senin.

Dia menilai, melalui rakerda tersebut dapat dijadikan sebagai wahana menjalin silaturahmi guna pembangunan umat. Melalui BKMT dirinya mengimbau agar para pengurus dapat menyatukan langkah dan merapatkan barisan dalam menyongsong era kebangkitan bangsa dan Islam.

Menurutnya, penguatan kelembagaan BKMT dapat mewujudkan masyarakat Kubu Raya yang mandiri, maju, harmonis dan bermartabat.

Pada kesempatan itu, Rusman Ali menambahkan, melalui evaluasi rapat kerja ini, dengan menyatukan pemikiran-pemikiran yang jernih untuk BKMT yang akan datang, maka dengan sendirinya program BKMT yang kita harapkan dapat terbentuk dengan baik.

Selain itu, peranan BKMT untuk mengisi dan memberikan kontribusi dalam penerapan nilni-nilai agama dan adat yang ada di kecamtan umumnya Kabupaten Kubu Raya telah baik.

"Karena, Kubu Raya terkenal sebagai daerah yang sangat kuat memegang nilai-nilai adat yang didukung oleh sarana keagamaan yang banyak seperti, mushala, mesjid, pondok pesantren, lembaga-lembaga keagamaan yang merupakan potensi besar, "tutur Rusman Ali.

Sementara itu, Ketua Umum BKMT Kabupaten Kubu Raya Ny. Hj. Helyati, mengatakan dalam sambutannya, BKMT merupakan salah satu organisasi sosial keagamaan yang bergerak di bidang dakwah.

Dalam rakerda itu, BKMT mampu merumuskan dan mencari peluang untuk bekerja sama dengan organisasi atau lembaga lainnya, termasuk kerja sama dengan Pemerintah.

Di tempat yang sama, Ketua BKMT Kalimantan Barat Ustazah Saadah menuturkan bahwa BKMT harus mampu membangun optimisme dan kreatifitas masyarakat dalam membangun kerja sama dengan pemerintah dalam membangun Kubu Raya.

"Dalam hal ini, setiap dakwah yang dilakukan harus sejalan dengan tindakan nyata di masyarakat," tuturnya.

(KR-RDO/E001)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017