Pontianak (Antara Kalbar) - Gubernur Kalimantan Barat Cornelis mewakili pemerintah pusat melantik Karolin Margret Natasa dan Herculanus Heriadi sebagai Bupati dan Wakil Bupati Landak periode 2017 - 2022 di Pontianak, Senin.

"Saya harapkan kepada Bupati Landak Karolin Magret Natasha dan Wakil Bupati Landak Heriadi untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Sumpah dan janji tadi sudah dikatakan, jalankan undang-undang selurus-lurusnya," kata Cornelis saat pelantikan.

Dirinya juga menambahkan, dalam menjalankan berbagai tugas dan tanggung jawab sebagai kepala daerah, bupati harus bisa bekerjasama dengan baik bersama DPRD.

"Kedua belah pihak harus bisa bersinergi, jangan ada ketegangan antara bupati dan dewan. Dewan juga jangan sewenang-wenang merasa dirinya punya hak proegratif, punya hak-hak tertentu, demikian juga bupati dan wakil bupati," kata Cornelis yang juga ayah kandung Karolin itu.

Di tempat yang sama, Bupati Landak, Karolin mengatakan, sebagai kepala daerah, dirinya akan menjalankan berbagai tugas sesuai dengan koridor yang berlaku serta melanjutkan berbagai program yang sudah dijalankan oleh bupati sebelumnya.

"Kita juga akan mengedepankan program pembinaan kepada masyarakat, pelayanan pendidikan dan kesehatan kepada masyarakat dan pemantapan sarana infrastruktur yang ada di Kabupaten Landak," katanya.

Sebagai tahap awal, dirinya bersama Herculanus akan melakukan pemetaan terlebih dahulu terhadap berbagai kondisi yang ada di Landak.

Memang, lanjutnya, saat melakukan kampanye pada Pilkada Landak kemarin, dirinya sudah melihat langsung kondisi di lapangan. Namun, itu akan disesuaikan dengan berbagai hal yang ada pada pemerintahan Landak.

"Selama ini saya memang sering turun ke lapangan dan melihat kondisi yang ada ditengah masyarakat. Tapi saya tidak menyentuh langsung pada pemerintahan, karena bukan kewenangan saya," katanya.

Berhubung dirinya sudah dilantik menjadi bupati, dirinya akan mencoba untuk menelaah lebih jauh dan memetakan berbagai permasalahan yang ada dan mencocokannya dengan kondisi yang ada pada pemerintahan.

"Yang jelas kita akan menggerakan roda pemerintahan semaksimal mungkin dengan menggandeng berbagai lembaga terkait lainnya seperti DPRD, Polri, TNI dan Ormas yang ada di Landak," kata Karolin.

(U.KR-RDO/T011)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017