Pontianak (Antara Kalbar) - Jajaran pimpinan di Lantamal XII Pontianak berganti. Dari Brigjen TNI (Mar) M Hari ke Kolonel (Mar) Endi Supardi yang upacara sertijab dilakukan di Mako Koarmabar Jakarta dipimpin Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos, Jumat (26/5).
    Pangarmabar Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos., dalam sambutnya menyampaikan, bahwa sertijab merupakan proses kesinambungan pembinaan dan upaya pengembangan organisasi dalam rangka penyegaran, pengembangan karier dan peningkatan kinerja guna mencapai tujuan organisasi TNI AL yang lebih baik.
    Ia melanjutkan, wilayah kerja Lantamal XII Pontianak sangat strategis karena berbatasan langsung dengan negara Malaysia yang berpotensi menimbulkan permasalahan, khususnya batas wilayah daratan dan laut ke dua negara seperti kasus perbatasan di Tanjung Datu yang terjadi beberapa waktu lalu.
    Selanjutnya Laut Natuna yang kaya dengan sumber daya ikan berdampak pada sering terjadinya illegal fishing oleh nelayan asing dan nelayan lokal, illegal logging, illegal minning, human trafficking, penyelundupan narkoba, TKI illegal, dan pelanggaran lintas batas.
    Permasalahan tersebut menjadi hal khusus yang harus diwaspadai oleh Lantamal XII Pontianak. Keberadaan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI I) di perairan barat Kalimantan merupakan alur pelayaran yang dilalui kapal-kapal asing maupun lokal harus terjamin keamanannya, sebagai pangkalan yang dilewati wilayahnya, Lantamal XII Pontianak memiliki tanggung jawab dalam menciptakan stabilitas keamanan wilayah tersebut.
    Lebih lanjut, ia memberikan apresiasi kepada jajaran Lantamal XII Pontianak karena dengan keterbatasan sarana prasarana yang ada sebagai Pangkalan Utama yang baru terbentuk telah mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Atas nama pribadi dan segenap jajaran Koarmabar, Pangarmabar mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada Brigjen TNI (Mar) M, Hari atas kepemimpinannya selama menjabat sebagai Danlantamal XII Pontianak dan Ny. Jani Susiati M. Hari atas segala jerih payah dan pengorbanan dalam menunjang tugas-tugas suami serta dalam pembinaan organisasi Jalasenastri Korcab XII DJAB.
    Kepada Kolonel (Mar) Endi Supardi selamat atas kepercayaan yang diberikan Pemimpin TNI AL untuk menjabat sebagai Danlantamal XII Pontianak dan mampu mengemban tugas dengan baik serta manfaatkan kesempatan ini dalam rangka pengembangan potensi diri dan meraih prestasi dalam penugasan  di  wilayah.



Pewarta: Mayor Laut (KH) Sitho P Yudhoajie*

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017