Pontianak  (Antara Kalbar) - Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kalimantan Barat Kartius mengklaim pelaksanaan Pekan Gawai Dayak Kalbar XXXII yang dilaksanakan di Pontianak belum lama ini berhasil menyedot wisatawan lokal dan asing yang memberikan kontribusi besar dalam perputaran ekonomi provinsi itu.

"Saya bisa mengatakan pelaksanaan PGD ke-32 yang berlangsung selama sepekan terbilang sukses. Kesuksesan acara itu dilihat dari tamu yang datang, tidak hanya dari masyarakat lokal tapi juga berbagai negara," kata Kartius yang juga dipercayakan menjadi ketua panitia PDG tersebut.

Dirinya bersyukur, karena berbagai isu negatif yang beredar selama kegiatan tersebut bisa diatasi sehingga pelaksanaan kegiatan itu bisa sukses hingga akhir kegiatan.

"Selama kegiatan tersebut, ada tiga hotel yang penuh karena kegiatan ini dihadiri tamu dari negara tetangga Malaysia ada 450 orang dan satu orang dari Brunei Darussalam. Kemudian dari Kedutaan Polandia dan Amerika, tamu dari negara Taiwan dan Australia," tuturnya.

Sedangkan tamu lokal diperkirakan mencapai 12.000 hingga 15.000 orang per hari. Jumlah tamu lokal yang datang ini bisa dilihat dari karcis parkir yang mereka terima.

"Kemudian untuk yang terlibat, seperti stand kuliner ada 54 peserta, lalu stand pameran mencapai 50 peserta. Ini di luar dari stand pameran yang disiapkan panitia," katanya.

Menurut Kartius kesuksesan itu tidak hanya dilihat dari pelaksanaan tapi juga keterlibatan semua pihak selama pelaksanaan. Mulai dari pengunjung yang membaur satu sama lain tanpa sekat, begitu juga dengan peserta stand kuliner, pameran dan lomba yang digelar.

Ia menilai acara ini bisa menjadi perekat dan menjalin silaturahmi satu dan yang lainnya. "Jadi tidak ada batasan, siapapun bisa hadir menyaksikan PGD ini, semua suku bangsa ikut terlibat dalam stand pameran ini," kata Kartius.

Sementara itu, Wakil Gubenur Kalbar Christiandy Sanjaya mengatakan PDG tidak hanya terfokus pada acara seremonial belaka, namun juga apresiasi terhadap nilai-nilai positif, pelestarian, pengembangan, pembinaan, dan pemanfaatan kebudayaan daerah sehingga dapat mewujudkan SDM yang berkualitas serta memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan.

"Kita harus mampu memotivasi Pekan Gawai Dayak selanjutnya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kalbar dan menyiapkan langkah-langkah strategis meningkatkan memiliki daya tarik yang khas dan unik milik Kalbar," kata Christiandy.

(U.KR-RDO/N005) 

Pewarta: Rendra Extora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017