Pontianak (Antara Kalbar) - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Pontianak, Brigjen TNI (Mar), Endi Supardi, telah meresmikan Pos Pengamat di Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

"Dengan keberadaan Posmat di Sungai Kakap maka akan menjadi kepanjangan mata dan telinga LantamaI XII Pontianak dalam mengemban tugas dan fungsi pengamatan dan penginderaan dari aspek maritim dan pengawasan," kata Endi Supardi di Sungai Kakap, Kamis.

Ia menjelaskan, deteksi dan pengawasan di wilayah Sungai Kakap dalam rangka pengumpulan data inteIijen maritim serta kegiatan keamanan Iaut.

Ia menambahkan, guna mendukung kelancaran tugas dan fungsi tersebut, LantamaI XII Pontianak telah melaksanakan upaya perbaikan bangunan Posmat Sungai Kakap secara bertahap.

"Yang saat ini dapat disaksikan kondisi gedung Posmat yang lebih representatif. Hal itu merupakan suatu hal yang membanggakan kami bahwa penyelesaian perbaikan dapat terlaksana tepat waktu sesuai yang direncanakan," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Danlantamal Pontianak juga memberi pengarahan kepada para prajurit TNI yang bertugas di Posmat Sungai Kakap dan Sepuk Laut.

Dalam rangkaian peresmian Posmat, juga dilakukan bhakti sosial kesehatan berupa pengobatan gratis baik pengobatan umum maupun pengobatan gigi, serta pemberian bantuan sembako kepada masyarakat nelayan dan para janda yang sudah berusia lanjut di Desa Sungai Kakap dan Desa Sepuk Laut.

Sementara itu, peresmian Gedung Posmat ditandai dengan menandatangani prasasti renovasi gedung itu, yang diawali dengan prosesi adat tepung tawar.

Tidak hanya itu, kegiatan gunting pita tersebut juga diselingi dengan atraksi Barongsai oleh masyarakat di Desa Sungai Kakap.

(A057/N005)

Pewarta: Andilala

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017