Pontianak (Antara Kalbar) - Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang menggelar rapat koordinasi kesiapan keberangkatan calon jemaah haji (CJH), Senin.

"Dalam rakor ini kita kumpulkan ketua rombongan sebanyak tiga orang dan ketua regu ada sepuluh orang," kata Kepala Kantor Kemenag Singkawang, Nahruzi.
Kemudian Selasa (besok), akan dilakukan manasik massal calon jemaah haji untuk tingkat kabupaten/kota selama dua hari. "Mudah-mudahan Bapak Wali Kota Singkawang bisa hadir untuk membuka sekaligus memberikan pengarahan kepada calon jemaah haji," tuturnya.
Nahruzi menyebutkan, secara keseluruhan total calon jemaah haji asal Kota Singkawang yang berangkat ada sebanyak 109 orang. Dia berharap, pelaksanaan ibadah haji tahun ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, karena tahun ini jemaah haji Singkawang lebih banyak jumlahnya dibandingkan tiga atau empat tahun yang lalu.
"Kalau tahun lalu kita hanya 80 orang, tapi tahun ini meningkat menjadi 109 orang. Tentunya ini menjadi perhatian bagi kami," katanya.
Intinya, pihaknya berupaya mulai dari proses keberangkatan hingga kembali ke Singkawang dapat berjalan dengan sempurna.
"Kami yang memberangkatan maka kami juga yang akan memulangkannya secara utuh tanpa kurang satu apapun," tuturnya.
Sementara Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Singkawang, Marhola mengatakan, sebanyak 109 calon haji kota setempat akan diberangkatkan pada Rabu (9/8) mendatang.�
"Insya Allah, akan kita berangkatkan pada Rabu (9/8) mendatang," kata Marhola.�
Keberangkatan calon jemaah haji Singkawang masuk pada kloter 13, yang mana didalamnya terdapat calon haji asal Singkawang, Bengkayang, Sintang, dan Kapuas Hulu.
"Sebanyak 445 calon haji ditambah petugas sebanyak 5 orang, jadi totalnya ada 450 orang," ujarnya.
Adapun tehnis keberangkatan, jelasnya, Rabu (9/8) calon jemaah haji akan dilepas Wali Kota Singkawang menuju ke Asrama haji transit Pontianak.
Kemudian Kamis (10/8) dari Asrama haji Pontianak menuju ke Batam. Dan pada Jumat (11/8) dari Batam menuju Madinah.
Marhola menambahkan, dari 109 calon jemaah haji Singkawang, satu orang atas nama Asparandi (32) merupakan calon jemaah haji termuda dan tertua atas nama M Shaleh Siman (77).

(U.KR-RDO/N005)

Pewarta: Rudi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017