Sukadana (Antara Kalbar) - Dinas Perhubungan Kabupaten Kayong Utara akan mengoperasikan kapal untuk melayani warga dan angkutan barang di daerah kepulauan menggantikan KM Karimata yang sebelumnya terbakar.

"KM Kayong 2 akan segera dioperasikan dengan rute Sukadana-Karimata," ujar Kadis Perhubungan Kabupaten Kayong Utara Rusli saat dihubungi di Sukadana, Kayong Utara, Selasa.

Saat ini, lanjut dia, kapal tersebut masih menunggu persetujuan dari Bupati Kayong Utara.

"Semenjak KM Karimata terbakar, saat ini kita sedang mempersiapkan surat-surat kapal untuk mengoperasikan KM Kayong 2 ke Karimata," kata Rusli.

Kapal Motor Kayong 2, katanya, memiliki spesifikasi yang lebih baik dari kapal sebelumnya, terutama dari segi kecepatan, sehingga dapat memperpendek waktu perjalanan ke daerah kepulauan tersebut.

"Sehingga diperlukan biaya operasional yang cukup besar, dan ini masih kita hitung-hitung, kita akan melayani berapa kali dalam seminggu khusus ke Karimata ini," ujar dia.

Hal itu pun diharapkan oleh Rusli dapat mendongkrak pariwisata di Kayong Utara, khususnya di Kepulauan Karimata, setelah perhelatan Sail Selat Karimata beberapa waktu lalu.

"Apabila kita memiliki angkutan cepat akan memberikan kenyamanan kepada turis yang akan datang ke Karimata nantinya," katanya.

Selain ke Karimata, nantinya KM Kayong 2 yang dimiliki oleh Pemda Kayong Utara itu juga berlabuh di Pulau Pelapis, sebelum akhirnya bersandar di Karimata.

"Kita perkirakan untuk biayanya kalai ke Karimata dari 250 ribu rupiah sampai 300 ribu rupiah untuk satu kali perjalanan," ungkapnya. 06:41:44

Pewarta: Doel dan Rizal

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017