Sambas (Antara Kalbar) - Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat akan menggelar "Bidar Race and Dragon Boat Race" pada 12- 13 Agustus 2017.

"Ajang internasional tersebut merupakan satu di antara rangkaian dari peringatan HUT ke-72 RI dan HUT Kota Sambas sekaligus pemindahan ibu kota Kabupaten Sambas," ujar Kepala Disporapar, Asmani di Sambas, Kamis.

Asmani menjelaskan dalam ajang tersebut pihaknya juga bekerja sama dengan PODSI Kalbar. Menurutnya hingga saat ini sudah ada beberapa peserta dari luar negeri menyatakan ikut berpartisipasi.

"Sudah ada 10 tim yang mendaftar dari Malaysia dan kontingen dari Kabupaten lain juga sudah banyak yang mendaftar. Semoga dari negara lainnya juga akan ikut mendaftar kita masih menunggu kabar terbaru," katanya.

Dijelaskannya melalui ajang tersebut juga sebagai bentuk strategi mendatangkan wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal yang ada di Kalbar.

"Yang jelas, selain olahraga prestasi lomba dragon boat dan perahu bidar khususnya memiliki nilai budaya yang sangat kental, ini selalu menjadi magnet pariwisata, sesuai dengan visi misi bupati untuk menjadikan Kabupaten Sambas sebagai destinasi wisata," paparnya.

Ia menambahkan bahwa selain lomba sampan bidar dan dragon boat, rencananya juga akan dilaksanakan pertandingan sepakbola persahabatan antara utusan atau kontingen dari Malaysia melawan Indonesia yang diwakili Kabupaten Sambas.

"Nanti juga akan ada pertandingan sepakbola persahabatan antara kontingen Malaysia dan kontingen kita. Jadi akan sangat meriah," paparnya.

Saat pergelaran mendatang ia mengajak warga Kabupaten Sambas untuk beramai-ramai menyaksikan lomba perahu bidar dan dragon boat yang akan dilaksanakan di Sirkuit Sungai Sambas.

"Ajaklah para sanak keluarga dari luar daerah bahkan mereka yang ada di luar negeri atau negara tetangga untuk menyaksikan pergelaran internasional ini," ajaknya.

***4***
(U.KR-DDI/T007)

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017