Pontianak (Antara Kalbar) - Ratusan umat Muslim Kota Ngabang berkumpul dalam rangka Pawai Obor Takbiran Idul Adha 1438 H yang diselenggarakan oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.

"Kita patut bersyukur, berdoa dan berharap agar cuaca tetap bagus sehingga para peserta pawai obor dapat menyelesaikan pawai ini dengan tertib dan aman," kata Bupati Landak, Karolin Margret Natasa di Ngabang, Jumat.

Menurut Karolin, Idul Adha pada hakikatnya mengajak kaum muslimin dan muslimat untuk selalu merajut jiwa kebersamaan, mengembangkan silaturahmi dan kerelaan untuk berbagi demi kesejahteraan bersama.

"Dengan pawai ini kita berharap agar jalinan persaudaraan yang disinari oleh nilai-nilai kebersamaan, kasih sayang, dan solidaritas semakin terbina sehingga memberikan efek positif bagi pembangunan kehidupan beragama di Kabupaten Landak yang kita cintai ini," katanya.

Menurutnya, hal yang penting untuk kita sadari bahwa kegiatan itu juga menjadi sarana meningkatkan tali silaturahmi dan komunikasi antar semua komponen umat beragama.

Selaku orang nomor satu di Kabupaten Landak, Karolin sangat mendukung diselenggarakannya kegiatan Pawai Obor tersebut.

"Kami dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Landak sangat mendukung kegiatan ini dan mengimbau agar kegiatan ini mendapat dukungan seluruh masyarakat di Kabupaten Landak," tuturnya.

Sementara itu, Kasi Haji Kemenag Landak Taufik Qurahman menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh pihak khususnya pemerintah kabupaten Landak yang telah mendukung kegiatan Pawai Obor Takbiran Idul Adha ini.

"Kami menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemda Landak secara khusus kepada Ibu Bupati yang telah mendukung kegiatan ini. Kita berharap semoga apa yang telah dilakukan beliau, dapat balasan dari Allah SWT," kata Taufiq.

Ketua PHBI Landak, Akhmad Fauzi juga menyampaikan ucapan terima Kasih kepada bupati Landak yang telah hadir untuk melepas pawai obor takbiran Idul Adha ini.

"Kami juga ucapkan terima kasih kepada peserta yang antusias mengikuti kegiatan ini," katanya.

Rute Pawai Obor Takbiran Idul Adha 1438 H dimulai dari Halaman Rumdin Bupati Landak menuju jembatan Baru kemudian masuk ke Jembatan Lama dan menuju koramil kemudian berakhir di Rumdin Bupati Landak kembali.

Kegiatan tersebut diikuti 44 peserta yang terdiri atas jemaah masjid dan surau, ormas Islam di Kabupaten Landak serta para pelajar se-kota Ngabang.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017