Bengkayang (Antara Kalbar) - Kementerian Pertanian melalui Program Upaya Khusus (UPSUS) telah menyalurkan bantuan bibit padi, jagung dan kedelai (PAJALE) kepada para kelompok tani (Poktan) di Kecamatan Tujuh Belas, Bengkayang melalui Tentara Nasional Indonesia (TNI).

"Bantuan tersebut diberikan kepada lima Poktan yang ada di Kecamatan Tujuh Belas. Untuk padi seluas 125 hektare dan beberapa bantuan lainnya yang cukup banyak diterima petani kita," ujar Kepala UPT Pertanian Kecamatan Tujuh Belas, Fedelis Olen saat dihubungi di Bengkayang, Kamis.

Ia menjelaskan pihaknya dan Poktan sangat menyambut baik bantuan yang ada. Sehingga diharapkan hal tersebut dapat meningkatkan produksi padi dan jagung di Kecamatan Tujuh Belas.

"Kita sangat beruntung dan menyambut baik dengan bantuan yang ada. Dengan bantuan yang ada maka luas tanam petani semakin banyak sehingga produksi dipastikan meningkat," paparnya.

Senada disampaikan PPL Sinar Tebudak, Eko. Menurutnya dengan ada nya bantuan benih bisa meningkatkan produktivitas dan hasil panen juga meningkat.

"Bantuan tentunya lebih pada meningkatkan hasil pangan untuk kemakmuran masyarakat Kecamatan Tujuh Belas itu sendiri. Tinggal dimanfaatkan dan dikelola dengan sebaik mungkin," kata dia.

Sementara itu, Kapten Inf Juju Jakaria Danramil 1202-04/Sanggau Ledo mengatakan dalam program tersebut Babinsa harus mendampingi petani untuk membantu Poktan menanam PAJALE. Padi jagung dan kedelai.

"Diharapkan hasil panen bertambah meningkat agar secara umum Kabupaten Bengkayang tidak kekurangan sandang dan pangan," harapnya.

(KR-DDI/N005)

Pewarta: Dedi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017