Pontianak (Antara Kalbar) - Koramil 1202-04/Sanggau Ledo memberikan pelatihan pertanian kepada sejumlah kelompok tani di Desa Danti, Bengkayang dalam rangka meningkatkan pengetahuan pola bercocok tanam para petani di daerah itu dengan baik.

"Pelatihan pertanian yang sukses digelar tersebut merupakan satu di antara rangkaian dari memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI Ke-72. Adapun misi pelatihan yaitu untuk mensejahterakan masyarakat dengan kelompok taninya dan mengajarkan pola bercocok tanam yang baik guna mewujudkan keluarga yang bahagia dan sejahtera," ujar Kepala Desa Danti, Nurkholis saat dihubungi di Bengkayang, Minggu.

Ia menjelaskan bahwa para petani di Desa Danti memang butuh bimbingan, pelatihan dan juga sarana prasarana pertanian. Hal itu dimaksudkan agar para petani dapat meningkatkan hasil pertanian terutama padi hingga dapat mencukupi kebutuhan.

"Pola pertanian terpadu dan modern tentunya hasilnya juga akan memuaskan. Selama ini para petani di Desa Danti hanya mengenal bercocok tanam padi di ladang dengan pola membakar lahan dan berpindah pindah," kata dia..

Nurkholis berharap dengan adanya pelatihan yang tersebut para petani bisa mengerti pola pertanian yang benar, baik dan modern.

"Ke depan kita yakin akan terjadi peningkatan hasil pertanian dari para kelompok tani se -Desa Danti. Sehingga lebih meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat," harapnya.

Sementara itu, Kepala UPT Pertanian Sanggau Ledo, Nyata mengatakan dengan adanya kegiatan pelatihan tersebut tentu akan menjadikan petani menjadi lebih mengerti pola bercocok tanam yang baik. Sehingga menjadi tertib administrasi, transparan dalam kelompok dan mampu mewujudkan teknologi pertanian secara umum.

"Selama ini kami selaku UPT Pertanian di Desa Danti tetap berupaya dalam memberikan pelatihan dan pengajaran kepada para petani untuk mendapatkan hasil pertanian yang maksimalkan," kata dia.


(U.KR-DDI/N005)

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017