Pontianak  (Antara Kalbar) - Kejaksaan Negeri (Kejari) Sambas, Kalimantan Barat melakukan bakti sosial berupa pemeriksaan gratis khusus bagi kaum perempuan di daerah ini.

"Baksos ini digelar di seluruh Kejari di Indonesia, cuma waktu pelaksanaannya saja yang berbeda. Dalam pelaksanaan kami bekerjasama dengan pemerintah kabupaten, kecamatan dan Dinas Kesehatan," ujar Kepala Kejari Sambas M Kandi, saat dihubungi di Sambas, Selasa.

Ia menjelaskan pemeriksaan kesehatan gratis yang dilaksanakan Kejari Sambas terasebut meliputi tes IVA, sadanis, kanker payudara, gula darah dan cek kolesterol.

"Melalui pemeriksaan kami ingin kaum perempuan di wilayah kerja Kabupaten Sambas menjadi sehat. Kegiatan ini juga membantu mereka untuk mengetahui secara dini penyakit mungkin saja ada di dalam tubuh mereka, sehingga dalam usaha penyembuhannya akan lebih mudah," kata dia lagi.

Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Sambas Satini M Kandi menyampaikan bahwa kaum perempuan harus peduli dengan kesehatan diri mereka dan rutin memeriksakan diri pada fasilitas kesehatan yang ada.

"Kami memang mengajak dan mengundang ibu-ibu di Sambas untuk memeriksakan kesehatan mereka jangan sampai terlambat dan selalu periksa kesehatan secara berkala pada fasilitas kesehatan yang ada," kata dia pula.

Dalam baksos tersebut, ujarnya pula, untuk menarik minat kaum perempuan guna memeriksakan kesehatan mereka, selain menggratiskan pemeriksaan kesehatan, Kejari Sambas juga menyiapkan doorprize.

"Ada doorprize dari kami itu diharapkan menjadi daya tarik bagi mereka untuk aktif memeriksakan diri," katanya pula.

(U.KR-DDI/B014)

Pewarta: Dedi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017