Putussibau  (Antara Kalbar) - Wisatawan yang berkunjung ke Danau Sentarum, Kalimantan Barat akan dimanjakan pesona alam dan kearifan lokal penduduk setempat, bahkan perahu hias dan Motor Bandong akan berkeliling mengantarkan wisatawan saat Festival Danau Sentarum Betung Kerihun, 25-28 Oktober.

"Kearifan lokal seperti perahu hias serta adat istiadat menjadi daya tarik tersendiri dan kami sudah siapkan dua perahu hias yang akan mengiringi Motor Bandong berkeliling Danau Sentarum pada 28 Oktober mendatang," kata Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kapuas Hulu, Junaidi kepada Antara, Selasa.

Ia menjelaskan perahu hias dan Motor Bandong itu akan membawa wisatawan menuju Pulau Sepandangan dan Pulau Melayu yang ada di Danau Sentarum yang difasilitasi lembaga swadaya masyarakat Riak Bumi.

"Nah mulai besok (Rabu, 25/10) atraksi akan dimulai serta hiburan rakyat, namun untuk artis Zaskia Gotik akan menghibur pengunjung pada acara penutupan 28 Oktober mendatang," jelas Junaidi.

Selain itu, dalam pelaksanaan Festival Danau Sentarum Betung Kerihun itu ada juga 21 stand pameran yang dipusatkan di Lanjak, Kecamatan Batang Lupar.

Dikatakan Junaidi, dalam pameran itu salah satunya akan memamerkan hasil kerajinan tangan masyarakat Kapuas Hulu khususnya di sekitar Danau Sentarum.

Bahkan berbagai perlombaan tarian tradisional Suku Dayak dan Melayu juga akan memeriahkan festival tersebut.

"Ada juga lomba sumpit, gasing dan berbagai perlombaan tradisional, namun apapun itu bentuknya tujuan kita mempromosikan potensi wisata Danau Sentarum dengan kearifan lokal masyarakat setempat," kata Junaidi.



(T.KR-TFT/N005)

Pewarta: Timotius

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017