Pontianak (Antara Kalbar) - Dompet Ummat Kalimantan Barat bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Insani Dompet Dhuafa membuka peluang pelajar SD/MI mendapatkan beasiswa SMART Ekselensia Indonesia 2018.

"Kita kembali menggelar seleksi bagi siswa kelas VI SD/MI sederajat yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan SMP dan SMA," kata GM Tandu Dompet Ummat, Nurhayati, di Pontianak, Sabtu.

Dia menjelaskan, SMART Ekselensia Indonesia, sebagai salah satu program di bawah Dompet Dhuafa Pendidikan, merupakan sekolah berjenjang SMP dan SMA dengan program percepatan sistem SKS pertama di Indonesia ini yang berlokasi di Parung, Bogor, Jawa Barat.

Untuk alur dan tahapan seleksi SMART Ekselensia Indonesia terdiri dari pendaftaran, seleksi administrasi, tes kompetensi mata pelajaran, tes psikotes dan wawancara, home visit, penentuan tahap akhir dan pengumuman.

Persyaratan umum untuk mengikuti seleksi ini adalah siswa beragama Islam, berasal dari keluarga dhuafa (sesuai dengan kriteria Dompet Dhuafa), laki-laki, lulus/akan lulus SD atau sederajat, usia maksimal 14 tahun saat 31 Juli 2018.

"Peserta juga harus memperoleh izin orang tua/wali untuk tinggal di asrama, rata-rata nilai raport minimal 7, berbadan sehat dan tidak memiliki penyakit menular, bersedia mengikuti seluruh tahapan seleksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku serta tidak memiliki anggota keluarga yang sedang atau pernah mendapatkan beasiswa Dompet Dhuafa," tuturnya.

Nurhayati menambahkan, persyaratan khusus mengisi formulir pendaftaran calon peserta seleksi Nasional Beasiswa SMART Ekselensia tahun 2018 yang disediakan panitia, menempelkan pas foto calon peserta ukuran 4 x 6 di formulir pendaftaran, melampirkan fotokopi ijazah dan SKHUN (bila belum ada dapat menyusul), melampirkan fotokopi piagam penghargaan/ sertifikat kelas IV hingga VI (bila ada), serta melampirkan fotokopi kartu keluarga.

Dia juga mengatakan sebelumnya sudah tiga siswa Kalbar yang lolos dalam program SMART Ekselensia Indonesia.

Untuk tahun ini, pendaftaran SMART Ekselensia Indonesia dibuka dari bulan Oktober 2017 hingga 25 Januari 2018.

"Kami berharap tahun ini bisa mengirim lebih banyak siswa terbaik asal Kalbar untuk bersekolah di SMART Ekselensia Indonesia. Untuk itu kami sangat berharap dukungan dari dari semua pihak untuk turut mensosialisasikan program ini," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017