Pontianak (Antara Kalbar) - Bupati Kubu Raya, Rusman Ali menerima DMI Award dari Wakil Presiden Republik Indonesia HM Jusuf Kalla di Jakarta.

"Kita sangat bersyukur karena Kubu Raya menjadi satu-satunya kabupaten di Kalimantan Barat dan Indonesia yang mendapat Anugerah DMI Award Kategori Kabupaten Peduli Akustik Masjid di Indonesia dan Kalimantan Barat," kata Bupati Kubu Raya, Rusman Ali di Sungai Raya, Minggu.

Dia menjelaskan, Kabupaten Kubu Raya sejak pertengahan tahun 2017, dipercaya oleh Dewan Masjid Indonesia sebagai koordinator penataan dan perbaikan Akuatik Masjid di Kalimantan Barat.

Tim yang ditunjuk sebelumnya mengikuti pelatihan dan pembinaan di Jakarta oleh Dewan Masjid Indonesia. Tim Akuatik Masjid Kubu Raya telah melakukan penataan dan perbaikan Akustik hampir di 100 Masjid di Kubu Raya dan Kalimatan Barat.

Salah satunya adalah Masjid Agung Sambas dan Masjid Awaluddin di Pertigaan Badara Supadio Sungai Raya.

Terkait penghargaan tersebut, Rusman Ali menyampaikan terima kasih atas kepercayaan DMI bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla menjadi koordinator penataan Akustik Masjid di Kalimantan Barat.

"Penataan Akustik Masjid menjadi sangat penting agar suara yang dihasilkan lebih bersih dan lebih jelas. Kita sudah melakukan penataan Akustik Masjid di Kubu Raya dan Kalimantan Barat, dan gratis," tuturnya.

Rusman Ali mengharapkan program tersebut dapat dimanfaatkan oleh pengurus-pengurus Masjid di Kubu Raya dan Kalimatan Barat untuk melakukan penataan akustik Masjid. Sehingga suara yang dihasilkan akan lebih indah, lebih bersih dan lebih jernih.

"Menata akustik masjid bukan soal mahalnya alat yang dipasang, melanikan penataannya. Sebagai contoh boleh didengarkan nasjid-masjid yang sudah selesai ditata seperti Masjid Awaluddin dan Masjid Agung Sambas," ujar Rusman Ali.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017