Pontianak (Antara Kalbar) - Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kalimantan Barat Menggandeng seluruh Babinkamtibmas di Direktorat Binmas Polda setempat untuk penanganan kasus rabies.

"Kerjasama itu dilakukan karena melibatkan Babinkantibmas untuk menjadi tenaga vaksinator hewan penular rabies. Kami sudah melatih tenaga vaksinator, bahkan melibatkan babinkamtibmas sebagai tenaga vaksinator, makanya kami menjalin kerjasama dengan kepolisian," kata Kepala Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kalimantan Barat Abdul Manaf Mustafa, Rabu.

Dengan melibatkan aparat kepolisian, kata Manaf, diharapkan, target Menkes untuk menjadikan Indonesia bebas Rabies pada 2020 mendatang, bisa tercapai.

"Makanya, kami harus melakukan berbagai langkah antisipasi, termasuk melibatkan semua pihak dalam pennganannya," tuturnya.

Menurut Manaf cara paling efektif untuk menekan kasus gigitan hewan penular rabies adalah dengan melakukan vaksinasit terhadap hewan peliharaan masyarakat. Dan itu dilakukan pada hewan yang dianggap penular rabies.

Selain itu keterlibatan masyarakat juga sangat diharapkan, dan sejauh ini Manaf menilai kesadaran masyarakat sudah cukup baik. Masyarakat sudah mau melapor setiap kali ada gigitan yang diduga dari hewan penular rabies.

Laporan yang disampaikan itu melalui website, atau disebut Sistem Informasi Kesehatan Hewan Nasional (Isikhnas). Laporan itu langsung terintegrasi untuk melakukan penanganan terhadap kasus gigitan hewan penularan rabies.

"Jadi, begitu ada laporan maka akan ada pengarahan, misalnya melakukan observasi pada hewan yang menggigit," katanya.

Dijelaskannya, observasi itu merupakan tahap awal guna mengetahui apakah hewan tersebut mengidap rabies atau tidak. Jika sebelum masa observasi berakhir (14 hari), hewan penggigit tersebut mati maka akan dilanjutkan pemeriksaan otak di laboratorium guna memastikan ketepatan pemeriksaan di awal.

Pelaporan melalui Isikhnas itu dianggap sebagai cara cepat untuk menangani kasus ini. Sebab secara nasional (Indonesia) ditargetkan bebas kasus rabies di tahun 2020.?

"Harapannya bisa mengendalikan rabies untuk mengejar target bebas rabies dan kunci semuanya adalah di vaksinasi," katanya.

(U.KR-RDO/I006)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017