Singkawang (Antara Kalbar) - Pasar Semi Modern Alianyang Singkawang, Kamis, dinyatakan resmi beroperasi setelah diresmikan oleh Penjabat Asisten I Pemerintah Kota Singkawang Heri Apriyadi.

"Fasilitas yang ada di Pasar Semi Modern Alianyang Singkawang, antara lain kios 137 unit, los 144 unit, toilet satu unit, mushalla satu unit, pos ukur/pengamanan satu unit dan Ipal satu unit," kata Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Singkawang Hendryan.

Pedagang yang menempati adalah pedagang asal Pasar Alianyang sekitar Terminal Induk, pedagang ikan Pasar Alianyang, sebagian PKL di kawasan Pasar Beringin, PKL ikan simpang Kuala Jalan Pelangi dan PKL buah Jalan Kalimantan.

Sedangkan pedagang yang menempati sarana perdagangan terdiri atas pedagang komoditas sayur, buah-buahan, ikan, daging sapi, daging kambing, daging ayam, dan tanaman hias, bunga, bibit tanaman.

Penjabat Asisten I Pemerintah Kota Singkawang Heri Apriyadimengatakan pembangunan Pasar Semi Modern Alianyang bertujuan menciptakan pasar yang layak dan representatif agar permasalahan kesemrawutan, kesan kumuh dan ketidaknyamanan akibat kurangnya sarana dan prasarana pasar dapat teratasi.

Selain itu juga untuk memberikan kesempatan berusaha kepada pedagang kaki lima (PKL), serta mewujudkan kota yang bersih, indah, tertib dan aman dengan sarana dan prasarana perkotaan yang memadai dan berwawasan lingkungan.

Pasar Semi Modern Alianyang diharapkan sebagai sentra bisnis dan pemasaran produk antarwilayah serta sebagai alur distribusi sejumlah produk mulai dari pertanian hingga industri.

(KR-RDO/S024)

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017