Sekadau (Antara Kalbar) - Bupati Sekadau Rupinus menerima piagam penghargaan dari Menkeu Sri Mulyani Indrawati atas keberhasilan pemerintah daerah Kabupaten Sekadau dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2016 dengan capaian standar tertinggi dalam akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah.
   
Penyerahan piagam penghargaan WTP ini dilakukan oleh Gubernur Kalimantan Barat Cornelis sebagai perwakilan pemerintah pusat di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, pada Kamis, bersamaan dengan acara penyerahan DIPA tahun anggaran 2018.
   
Penghargaan yang diberikan oleh Menkeu RI tersebut merupakan prestasi atas penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Keuangan tahun anggaran 2016.
   
Bupati Sekadau Rupinus termasuk satu diantara delapan kabupaten/kota di Kalbar yang menerima penghargaan serupa.  Bupati Sekadau Rupinus mengatakan piagam penghargaan yang diterimanya itu sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada kepala daerah atas penyelenggara pengelolaan keuangan Negara.
   
Ia melanjutkan, penghargaan itu merupakan apresiasi atas kinerja yang dilakukan oleh seluruh SKPD di lingkungan Pemkab Sekadau dalam mengelola keuangan daerah yang transparan dan akuntabel.
   
"Penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi kami Pemerintah Kabupaten Sekadau. Lima tahun berturut-turut memperoleh penilaian WTP dari BPK RI. Saya berharap Opini WTP bisa dipertahankan pada LHP Keuangan tahun 2017," kata orang nomor satu di bumi lawang kuari ini.
   
Rupinus berharap lagi, dengan Opini WTP lima tahun berturut – turut ini, aparatur Pemkab Sekadau harus bisa lebih profesional lagi dalam mengelola keuangan daerah.
   
Rupinus juga menyebutkan predikat opini WTP yang diraih ini merupakan penilaian yang objektif. Apalagi sebut Rupinus dalam pemeriksaaan keuangan tahun anggaran 2016 ini, BPK Perwakilan Kalbar bekerjasama dengan akuntan publik dan audit independen. "Jadi opini WTP yang kita peroleh ini adalah bersifat objektif, dan tidak ada kita minta opini WTP," tegas Rupinus.
   
Prestasi WTP ini juga harus menjadi motivasi sekaligus semangat kerja seluruh aparatur di lingkungan pemerintah Kabupaten Sekadau. "Prestasi ini harus dipertahankan dan ditingkatkan untuk bisa lebih baik lagi," ujarnya.
   
Sebelumnya Ketua DPRD Kabupaten Sekadau, Albertus Pinus mengatakan  perolehan WTP merupakan hasil kerja keras dan kerja sama dari semua pihak.  
   
Prestasi ini juga lanjut politisi PDIP itu atas komitmen untuk mengikuti dan mentaati peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Komitmen ini harus dipertahankan oleh semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemda Sekadau.

Pewarta: Gansi/Hartono

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017