Pontianak (Antara Kalbar) - Wakil Bupati Sambas, Hairiah saat menghadiri perkemahan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) I yang digelar Kementerian Agam di Sambas mengatakan bahwa gerakan Pramuka adalah wahana penting untuk membentuk karakter dan kepribadian nasional bagi generasi muda bangsa.

"Gerakan Pramuka adalah tempat menempa keterampilan dan pengetahuan. Selain itu juga memupuk jiwa disiplin dan membina semangat kebersamaan bagi para anggotanya. Sehingga pramuka bisa membentuk karakter;" ujarnya saat dihubungi di Sambas, Senin.

Hairiah mengemukakan pada zaman yang bergerak demikian cepat karena modernisasi di berbagai aspek kehidupan menjadikan pembinaan generasi muda penuh tantangan

"Karena itu, sebagai langkah antisipasi harus dilakukan langkah-langkah nyata. Pembentukan karakter seperti mengadakan kegiatan perkemahan antarumat beragama yang sukses dilaksanakan sangat baik," kata dia.

Ia menyebutkan agar anak-anak bangsa tumbuh menjadi pribadi yang kuat dan tangguh maka hidup rukun dan berdampingan dengan penganut agama yang berbeda harus terus dipupuk.

"Pemuda juga siap mempertahankan dan tetap tegakkan pancasila dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berbhineka tunggal ika," pesannya.

Hairiah meminta peserta perkemahan antar umat beragama agar mengikuti kegiatan dengan ikhlas dan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab.

"Dengan demikian agar sepulangnya dari perkemahan membuahkan hasil yang maksimal," kata dia.



(U.KR-DDI/N005)

Pewarta: Dedi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017