Landak (Antaranews Kalbar) - Satuan Polisi Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Landak, Kalimantan Barat gencar melaksanakan razia kendaraan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di daerah setempat.

"Kami melakukan razia kendaraan itu bukan kami benci kepada masyarakat, tetapi karena kami peduli dengan keselamatan masyarakat khususnya bagi pengendara untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas," kata Kepala Satlantas Polres Landak, AKP Novalina Tarihoran, melalui rilis Humas Polres Landak kepada Antara, Rabu.

Dikatakan Nova, salah satu tujuan razia juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat petingnya keselamatan berlalu lintas.

Menurut dia, masyarakat harus bisa mengubah kebiasaan yang melanggar aturan berlalu lintas dan membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain.

"Kita ingin mengubah kebiasaan dan budaya melanggar apalagi hal tersebut membahayakan nyawa masyarakat, kami bukan mencari kesalahan ataupun membenci masyarakat, tapi kami sayang dengan keselamatan masyarakat," ucap Nova.

Lebih lanjut, Nova meminta agar masyarakat melengkapi surat menyurat kendaraan sebagai salah satu wujud taat peraturan lalu lintas.

Dikatakan dia, kebiasaan membahayakan keselamatan sendiri seperti tidak melengkapi kendaraan dengan dokumen kendaraan, kendaraan tidak menggunakan tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB), tidak menggunakan helm standar nasional Indonesia (SNI).

Mengubah spesifikasi kendaraan dari angkutan barang menjadi penumpang, kendaraan umum seperti angkutan kota dalam provinsi (AKAP) yang mengangkut penumpang umum di atas kendaraan dan angkutan perdesaan yang mengangkut penumpang melebihi kemampuan serta membiarkan penumpang bergelantungan di belakang dan di atap seperti mengangkut anak sekolah.

"Sudah banyak contoh kecelakaan lalu lintas yang menelan korban jiwa, kami minta masyarakat bisa tergugah dan menumbuhkan kesadaran dalam tertib berlalu lintas dengan mengutamakan keselamatan," pinta Nova.

Tidak hanya itu, dirinya juga mengimbau kepada semua pihak untuk menjadi contoh dan pelopor keselamatan lalu lintas.

Pewarta: Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018